Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemilu Serentak 2024

Bawaslu Kabupaten Bima Dorong Media Berperan Awasi dan Sukseskan Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, SH, saat sosialsaisi pengawas partisipatif bersama media di Rumah Makan BBA, Minggu 12 Maret 2023.

Bima, Bimakini.- Media dinilai memiliki peran penting sebagai pilar demokrasi dalam menyukseskan Pemilu 2024. Juga membantu penyelenggara dalam mengawal Pemilu agar demokrastis dan berkualitas.

Harapan itu disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, SH, saat sosialisasi pengawasan partisipatif bersama media di Bima, Minggu 12 Maret 2023.

Media, kata Abdullah, memiliki jaringan yang luas, sehingga dapat membantu Bawaslu dalam meminimalisir pelanggaran. Bawaslu sendiri memiliki personel yang sangat terbatas, sehingga peran media dianggap sangat strategis.

Bawaslu berjanji, kemitraan dengan media akan terus dilakukan. Diskusi berkelanjutan membahas berbagai dinamika Pemilu tidak hanya dilakukan secara formal. “Nanti Bawaslu juga akan menyambangi teman-teman PWI di sekretariatnya, untuk diskusi dan ngopi barang,” ujar Ebit, sapaan akrabnya di Rumah Makan BBA.

Sementara itu, Mantan Ketua PWI Perwakilan Bima, Ir Khairudin M Ali, MAP sebagai narasumber menyampaikan, ada dinamika yang berbeda Pemilu saat ini dengan sebelumnya. Mantan Ketua Panwaslu Kota Bima ini menceritakan pengalamannya yang banyak memeroses kasus dugaan pelanggaran Pemilu.

Namun, kata dia, saat ini Bawaslu memiliki fungsi pencegahan, sehingga kinerja tidak selalu diukur dari banyaknya kasus ditangani. Namun, Bawaslu berkewajiba untuk memeroses semua laporan dugaan pelanggaran yang masuk.

Media juga diharapkan dapat mengontrol kinerja penyelenggara, salah satunya dengan memahami regulasi. Jika regulasi sudah dipahami, maka dapat mengetahui proses mana yang sudah dilakukan dan belum oleh penyelenggara.

Mengenai wacana proporsional tertutup,  Khairudin berpendapat ada benarnya. Karena praktek politik uang semakin parah dan justru “membunuh” kualitas demokrasi.

Media juga diminta untuk proporsional dalam memberitakan peserta Pemilu atau pemilihan nantinya. Melayani hak publik untuk mendapatkan informasi. IAN

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Bima, Bimakini.-  Lima Ketua RT di Desa  Taloko, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) diduga dipecat karena beda pilihan politik pada Pemilu...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Kapolres Bima Kota, AKBP Yudha Pranata, S.I.K., S.H., memantau proses pengamanan rekapitulasi dan penghitungan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)...

Pemilu Serentak 2024

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bima sudah mereskomendasikan untuk pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kecamatan Parado. Namun belum menerima keputusan dari KPU Kabupaten...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Puluhan warga Desa Sai Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima, mendatangi kantor camat sekitar, untuk mengawal rapat pleno rekapitulasi suara tingkat PPK, pada Jumat 16...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Kedatangan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kota Bima disambut dengan ketatnya pengamanan dari jajaran Kepolisian...