Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemilu Serentak 2024

Bawaslu Kabupaten Bima Dorong Media Berperan Awasi dan Sukseskan Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, SH, saat sosialsaisi pengawas partisipatif bersama media di Rumah Makan BBA, Minggu 12 Maret 2023.

Bima, Bimakini.- Media dinilai memiliki peran penting sebagai pilar demokrasi dalam menyukseskan Pemilu 2024. Juga membantu penyelenggara dalam mengawal Pemilu agar demokrastis dan berkualitas.

Harapan itu disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, SH, saat sosialisasi pengawasan partisipatif bersama media di Bima, Minggu 12 Maret 2023.

Media, kata Abdullah, memiliki jaringan yang luas, sehingga dapat membantu Bawaslu dalam meminimalisir pelanggaran. Bawaslu sendiri memiliki personel yang sangat terbatas, sehingga peran media dianggap sangat strategis.

Bawaslu berjanji, kemitraan dengan media akan terus dilakukan. Diskusi berkelanjutan membahas berbagai dinamika Pemilu tidak hanya dilakukan secara formal. “Nanti Bawaslu juga akan menyambangi teman-teman PWI di sekretariatnya, untuk diskusi dan ngopi barang,” ujar Ebit, sapaan akrabnya di Rumah Makan BBA.

Sementara itu, Mantan Ketua PWI Perwakilan Bima, Ir Khairudin M Ali, MAP sebagai narasumber menyampaikan, ada dinamika yang berbeda Pemilu saat ini dengan sebelumnya. Mantan Ketua Panwaslu Kota Bima ini menceritakan pengalamannya yang banyak memeroses kasus dugaan pelanggaran Pemilu.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Namun, kata dia, saat ini Bawaslu memiliki fungsi pencegahan, sehingga kinerja tidak selalu diukur dari banyaknya kasus ditangani. Namun, Bawaslu berkewajiba untuk memeroses semua laporan dugaan pelanggaran yang masuk.

Media juga diharapkan dapat mengontrol kinerja penyelenggara, salah satunya dengan memahami regulasi. Jika regulasi sudah dipahami, maka dapat mengetahui proses mana yang sudah dilakukan dan belum oleh penyelenggara.

Mengenai wacana proporsional tertutup,  Khairudin berpendapat ada benarnya. Karena praktek politik uang semakin parah dan justru “membunuh” kualitas demokrasi.

Media juga diminta untuk proporsional dalam memberitakan peserta Pemilu atau pemilihan nantinya. Melayani hak publik untuk mendapatkan informasi. IAN

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Tahapan pemungutan hitung pada Pemilihan Umum (Pemilu) telah usai. Angka partisipasi masyarakat pada penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kota Bima  mencapai 89,88...

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini.- Lembaga Pemerataan Pembangunan (LPP)  Dompu, msnduga  ada kecurangan pemilu. Hasil Rapat Pleno Kecamatan tidak sesuai dengan C hasil dan Salinan C hasil...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bima saat ibu tengah memeroses laporan dugaan penggelembungan suara di Kecamatan Donggo, Soromandi dan Ambalawi. Atas laporan...

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini.- Calon Anggota DPRD Provinsi NTB Dapil 6, Kota Bima, Kabupaten Bima dan Dompu, M Tahir, SAg, MPd, melaporkan dugaan penggelembungan suara di...

Politik

Bima, Bimakini.-  Lima Ketua RT di Desa  Taloko, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) diduga dipecat karena beda pilihan politik pada Pemilu...