Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemilu Serentak 2024

Jurnalis Bima Deklarasi Bersama Bawaslu, Kawal Pemilu Damai tanpa Politisasi Sara dan Politik Uang

Deklarasi bersama Bawaslu dan Wartawan di Kota Bima untuk mengawasi *emilu 2024.

Kota Bima, Bimakini.-  Jurnalis dari berbagai media massa di Bima mendeklarasikan untuk mengawal pemilu 2024 yang demokratis dan berkualitas bersama Bawaslu Kota Bima, Rabu (1/3/2023) malam di Surf Cafe Kota Bima.

Deklarasi tersebut diinisiasi secara spontan oleh Sofyan Asy’ari jurnalis Bimakini.com dan direspon para Jurnalis Bima saat kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif oleh Bawaslu Kota Bima bersama media massa.

Aris Efendi yang juga jurnalis media Dimensi.net memimpin pembacaan deklarasi yang diikuti seluruh jurnalis yang hadir bersama Ketua, Anggota, Koordinator Sekretariat dan jajaran Bawaslu Kota Bima, juga dua narasumber dalam kegiatan tersebut yakni Ir Khairudin M Ali MAP dan Ahyar HM Nur.

Dalam deklarasi tersebut para jurnalis Bima menyatakan siap mewujudkan pemilu 2024 yang demokrasi dan berkualitas. Jurnalis Bima siap mengawasi pemilu 2024 dan berkomitmen mewujudkan pemilu yang damai tanpa ujaran kebencian, hoax, politisasi Sara, dan politik uang.

Sofiyan Asy’ari  terkait deklarasi tersebut mengatakan, jurnalis memiliki kewajiban moral untuk ikut terlibat dalam mengawasi tahapan penyelenggaraan pemilu 2024. Tidak saja menyampaikan informasi melalui pemberitaan tetapi jurnalis juga menjadi bagian dari proses demokrasi di Indonesia khususnya di Kota Bima.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Pers itu adalah pilar keempat demokrasi. Jadi wajar jika insan pers terlibat dalam perhelatan pemilu tahun 2024 ini,” katanya.

Selain itu kata dia, jurnalis secara pribadi maupun melalui medianya juga bertanggung jawab untuk memberikan edukasi politik kepada masyarakat tidak saja dibebankan kepada penyelenggara pemilu. Oleh karena itu dirinya mengajak seluruh insan pers untuk mengawal bersama proses pemilu dalam lima tahunan tersebut.

“Kita harus memiliki komitmen bersama menangkal dan memerangi isu-isu politik identitas, politisasi sara, ujaran kebencian, hoax dan politik uang dalam pemilu 2024. Itu semua guna wujudkan pemilu demokratis dan berkualitas,” imbuh Pian sapaan akrab Sofiyan Asy’ari.

Ketua Bawaslu Kota Bima Muhaemin menyampaikan ucapan terima kasih kepada para jurnalis Bima atas inisiasinya deklarasi bersama mewujudkan pemilu 2024 yang demokrasi dan berkualitas.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Deklarasi bersama ini sebagai wujud kepedulian para jurnalis Bima, bahwa sesungguhnya pemilu itu adalah milik bersama yang harus dikawal bersama pula,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Anggota Bawaslu Kota Bima Asrul Sani. Pemilu itu adalah satu cara untuk mewujudkan kedaulatan rakyat. Karena rakyatlah yang memiliki kedaulatan untuk memilih pemimpin atau wakilnya yang dapat memperjuangkan aspirasinya melalui kebijakan yang pro rakyat.

“Mari kita kawal bersama hak-hak konstisional kita ini,” ajaknya.

Sementara Idhar juga berharap agar deklarasi yang telah digaungkan tidak hanya sebatas isapan jempol semata tetapi harus diaktualisasikan secara nyata dalam penyelenggara pemilu 2024, yang tahapannya sedang berjalan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Terima kasih sahabat-sahabat jurnalis Bima atas inisiasinya dalam deklarasi ini. Mari bergandengan tangan wujudkan harapan ini dengan aksi nyata kita,” pintanya. IAN

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Tahapan pemungutan hitung pada Pemilihan Umum (Pemilu) telah usai. Angka partisipasi masyarakat pada penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kota Bima  mencapai 89,88...

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini.- Lembaga Pemerataan Pembangunan (LPP)  Dompu, msnduga  ada kecurangan pemilu. Hasil Rapat Pleno Kecamatan tidak sesuai dengan C hasil dan Salinan C hasil...

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini.- Calon Anggota DPRD Provinsi NTB Dapil 6, Kota Bima, Kabupaten Bima dan Dompu, M Tahir, SAg, MPd, melaporkan dugaan penggelembungan suara di...

Politik

Bima, Bimakini.-  Lima Ketua RT di Desa  Taloko, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) diduga dipecat karena beda pilihan politik pada Pemilu...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Kapolres Bima Kota, AKBP Yudha Pranata, S.I.K., S.H., memantau proses pengamanan rekapitulasi dan penghitungan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)...