Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Kapal MT Kristin Pengangkut BBM  Terbakar di Pelabuhan Ampenan

Upaya pemadaman kapal hingga malam.

Mataram, Bimakini.- Kapal  MT Kristin yang mengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina terbakar di Pelabuhan Ampenan, Lombok, Minggu (26/3/2023) sore. Sejumlah ABK berhasil diselamatkan, namun ada yang masih dicari.

Kapal MT Kristin merupakan kapal milik PT Hanlyn Jaya Mandiri yang saat ini tengah disewa oleh PIS untuk mengangkut BBM ke TBBM Ampenan dan TBBM Sanggaran.

Corporate Secretary, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, Muh. Aryomekka Firdaus menjelaskan, berdasarkan laporan sementara, insiden terbakarnya kapal terjadi saat kapal melakukan labuh jangkar. Titik api terlihat berasal dari forecastle atau mooring deck depan dan penyebab timbulnya api masih diselidiki lebih lanjut.

Sebanyak 17 kru kapal berupaya optimal untuk memadamkan api, namun belum berhasil. Sehingga, nakhoda memutuskan untuk segera evakuasi. Dalam proses evakuasi, 3 kru yang tengah melakukan operasional jangkar diketahui lompat ke laut terlebih dahulu dan saat ini masih dalam pencarian. Sementara, 14 kru lainnya dipastikan selamat dan saat proses evakuasi kru kapal dibantu oleh nelayan sekitar. Kru kapal yang selamat saat ini berada di FT Ampenan.

Tim Emergency Response PIS terus berkoordinasi dengan kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) setempat, Pelindo, dan otoritas lainnya untuk proses evakuasi, penanggulangan kru kapal dan pemadaman.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Tim PIS saat ini menitikberatkan perhatian untuk  keselamatan seluruh kru kapal MT Kristin, dan penanggulangan pemadaman kapal untuk keamanan bersama,” terangnya dalam keterangan persnya.

PIS menekankan perlunya mengutamakan dan menyerukan  pentingnya aspek keselematan dalam seluruh kegiatan operasional baik untuk kru kapal dan juga memastikan kargo muatan kapal. IAN

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Mataram, Bimakini.- Tim SAR gabungan masih berupaya melakukan pencarian terhadap dua orang Anak Buah Kapal (ABK) MT. Christin yang hilang saat kapalnya terbakar beberapa...

Peristiwa

Mataram, Bimakini.- Pasca insiden terbakarnya MT Kristin Pertamina Patra Niaga memastikan supply BBM tidak mengalami gangguan berarti, hal tersebut terpantau dari hilir mudik mobil...

Peristiwa

Mataram, Bimakini.- PT Pertamina (Persero) melalui subholding Pertamina Patra Niaga dan Pertamina Internasional Shipping bahu membahu secara cepat melakukan pemadaman Kapal MT Kristin yang...