Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemilu Serentak 2024

Kawal Hak Pilih, Panwaslu Kecamatan Dompu Patroli Hingga di Pelosok Desa

Ketua dan anggota Panwaslu Kecamatan Dompu saat melakukan Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih serta uji petik pelaksanaan coklit data pemilih, Ahad (12/03/2023).

Dompu, Bimakini. – Upaya menjaga hak pilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 diwilayah kerjanya, Ketua dan anggota Panwaslu Kecamatan Dompu melakukan Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih serta uji petik pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

Ketua Panwaslu Kecamatan Dompu, Muhammad Azwar mengatakan bahwa Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih serta uji petik pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih oleh Pantarlih tersebut kembali dilakukan mereka di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Desa Kareke, Ahad (12/03/2023).

Kegiatan tersebut sengaja dilakukan mereka ditempat yang dianggap terpencil, tepatnya dikawasan pertanian So Jero, Desa Kareke. Disana, ada sekitar 9 (sembilan) Kepala Keluarga (KK) yang tinggal menetap. Untuk bisa sampai kesana, mereka menggunakan kendaraan roda dua dengan jarak tempuh sekitar 7 Km dan jalan masih belum di aspal.

Dijelaskannya, uji petik yang dirangkaikan dengan Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih tersebut bertujuan untuk memastikan apakah Pantarlih melakukan coklit data pemilih sesuai aturan atau tidak. Selain itu, juga untuk memastikan agar setiap warga masyarakat yang memenuhi syarat sebagai pemilih dicoklit dan didata sebagai pemilih dalam Pemilu serentak tahun 2024.

Suasana Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih.

“Hasil pengawasan hari ini, kami menemukan pemilih yang sudah memenuhi syarat tetapi tidak dicatat dan atau dicoklit oleh Pantarlih. Padahal keluarganya yang lain sudah di coklit. Nanti akan kami sampaikan saran perbaikan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Dompu untuk ditindak lanjuti sebagaimana mestinya,” terangnya.

Diungkapkannya, selama tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang dilakukan oleh Pantarlih pada setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) se Kecamatan Dompu, Panwaslu Kecamatan Dompu menemukan ragam persoalan.

Diantaranya, ditemukan Pantarlih tidak menggunakan atribut lengkap, ditemukan ketidak taatan dan kepatuhan Pantarlih mengisi formulir model A-Stiker sesuai pedoman kerja Pantarlih. Selain itu, juga ditemukan Pantarlih mendata pemilih yang beridentitas atau ber Kartu Tanda Penduduk (KTP-eL) diluar daerah Kabupaten Dompu.

“Semua ragam persoalan dan dugaan pelanggaran tersebut sudah kami sampaikan saran perbaikan secara tertulis kepada PPK Dompu sebagai upaya pencegahan. Hasilnya sudah ditindak lanjuti,” terangnya.

Untuk itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Dompu ini berharap kepada segenap elemen masyarakat yang merasa belum di coklit Pantarlih hingga pada 14 Maret 2023. Untuk sampaikan aduan di Posko Kawal Hak Pilih Panwaslu Kecamatan Dompu di Jln Letjen Sutoyo, Lingkungan Magenda, Kelurahan Potu, dan atau kepada Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) tempat pemilih berdomisili.

“Masyarakat juga harus terlibat secara langsung dan aktif untuk memastikan dirinya sudah di coklit/sudah di data atau belum oleh Pantarlih,” urainya. IAN

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini.- Calon Anggota DPRD Provinsi NTB Dapil 6, Kota Bima, Kabupaten Bima dan Dompu, M Tahir, SAg, MPd, melaporkan dugaan penggelembungan suara di...

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini. – Selama tahapan kampanye Pemilu serentak tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Dompu menemukan banyak pelanggaran adminitrasi yang dilakukan peserta Pemilu dilapangan. Terutama peserta...

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini. – Ketua Panwaslu Kecamatan Dompu mengingatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Dompu dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kecamatan setempat agar membentuk...

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini – Tahapan kampanye Pemilu tahun 2024 sudah dimulai pada 28 November tahun 2023 kemarin. Untuk mencegah munculnya dugaan pelanggaran, Ketua Panwaslu Kecamatan...

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini. – Ketua dan anggota Panwaslu Kecamatan Dompu, beserta Kepala Sekretariat mematangkan kesiapannya dalam mengawasi tahapan kampanye Pemilu serentak tahun 2024 bersama Pengawas...