Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemilu Serentak 2024

Momentum Sumpah Pemuda, KPU Kabupaten Bima Nobar Film Kejarlah Janji di STIKES Yahya

Susana saat Nobar Film Kejarlah Janji di Kampus STIKES Yahya Bima.

Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima kembali menggelar nonton bareng (Nobar) film “Kejarlah Janji”. Kali ini di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Yahya, di Desa Talabiu Kecamatan Woha Kabupaten Bima, Sabtu, 28 Oktober 2023, malam.

Nobar film tentang Pemilu tersebut, sebagai salah satu upaya untuk memberikan sosialisasi dan pendidikan politik kepada civitas akademika Stikes Yahya Bima.

Ketua Devisi Perdatin KPU Kabupaten Bima, Yudin Chandra Nan Arif, mengatakan kegiatan Nobar juga digelar untuk memeringati Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober. Selain merupakan upaya untuk mengajak masyarakat agar lebih peduli terhadap politik dan ikut menunaikan hak pilih pada 14 Februari 2024.

“Film ini sebenarnya harus disampaikan. KPU menggarap film ini bekerjasama dengan Sutradara kawakan, Garin Nugroho,” katanya.

Yudin melanjutkan, momen Pemilu tidak sekadar siklus demokrasi lima tahunan. Dalam film ini lebih dari peristiwa budaya yang mengedukasi agar pilihlah dengan hati nurani, tidak berdasarkan materi.

“Hiburan seperti film telah menjadi gaya hidup dan keseharian masyarakat. Karena itu KPU memandang perlu untuk menggunakan sarana hiburan sebagai salah satu model pendidikan Pemilu,” ujarnya.

Ia menambahkan, Nobar film “Kejarlah Janji” adalah kolaborasi antara KPU dan sutradara Garin Nugroho untuk mensosialisasikan pesan-pesan moral dalam menghadapi Pemilu 2024. Seperti, ajakan ke TPS, jangan golput, memilih pemimpin dengan melihat track record, bijak dalam menilai berita untuk menghindari hoaks, membangun sikap toleransi, dan melawan politik uang.

Perwakilan Stikes Yahya Bima mengajak mahasiswa dan dosen untuk memilih pemimpin sesuai hati nurani dan berlandaskan ilmu pengetahuan yang dimiliki calon. Ia mengilustrasikan negara Jepang yang berkembang dan maju dengan ilmu pengetahuan.

“Begitu juga dengan negara kita, agar lebih maju dan berkembang harus dipimpin oleh orang-orang yang memiliki ilmu pengetahuan,” katanya.

Sekretaris Camat Woha, Arisman, mengimbau untuk menyukseskan Pemilu tahun 2024. Meski berbeda pilihan, tapi tetap jaga persatuan.

Nobar film “Kejarlah Janji” dihadiri ratusan mahasiswa dan dosen Stikes Yahya Bima, Sekcam Woha, Kades Talabiu, Komisioner KPU Kabupaten Bima dan jajaran. Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan kuis berhadiah menarik dari KPU Kabupaten Bima. Kegiatan berakhir sekitar pukul 23.30 Wita. IAN

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima telah mengeluarkan surat keputusan Nomor 7O5 Tahun 2024 tentang Penetapan Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang pada Pemilihan...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.-  Logistik Pemilu 2024 di lima TPS di Kecamatan Parado, Kabupaten Bima, di Desa Wane, Rato, Kamsa, Desa Lere. Pembakaran dilakukan saat...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Sehari menjelang pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024, Selasa (13/2/2024)  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima melakukan pemusnahan suara rusak  di...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bima dan RSUD Sondosia siap untuk membentu menanganani jika ada peyelenggara Pemulu 2024 yang membutuhkan penanganan medis....

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Menjelang pendistribusian logistik, KPU Kabupaten Bima mengundang sejumlah stakeholder untuk rakat koordinasi. Mulai dari Polres Bima dan Bima Kota, BMKG, Pol PP,...