Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Intensitas Hujan Tinggi, Dua Kecamatan Terdampak Banjir

Salah satu rumah yang terdampak bencana.

Bima, Bimakini.- Hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai petir dan angin kencang yang terjadi 6-7 Desember 2023 di kecamatan Soromandi, Donggo, Madapangga, Tambora, Sanggar, Bolo, Palibelo, Woha, Ambalawi, Lambitu, Belo, dan sekitarnya hingga pukul 18:00 WITA menyebabkan terjadi bencana alam hidrometrologi berupa banjir dan angin Puting beliung yang melanda beberapa wilayah, Pusat Pengendalian dan Operasional (Pusdalops) BPBD kabupaten Bima Kamis (7/12)

Kalak BPBD melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik M. Nurul Huda, ST., MT. Kamis (7/12) melaporkan, banjir lokal di jalan, dataran rendah dan jembatan terjadi di kecamatan Sanggar dan menyebabkan tiga desa yaitu Desa Sandue, Kore dan Desa Taloko terdampak.

“Curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan ruas jalan provinsi di Desa Kore, Sandue dan Desa Taloko tergenang air setinggi paha orang dewasa. Luapan air juga mengganggu arus lalu lintas dan aktifitas masyarakat setempat serta jembatan darurat di Desa Kore putus.
Delapan RT di Desa Taloko tergenang banjir, selain itu ada beberapa pagar rumah yang jebol dan Talud lapangan. 1 unit terminal di Desa Sandue tergenang air setinggi paha orang dewasa.

Sementara, bencana yang sama juga menyebabkan dua desa di Kecamatan Madapangga yaitu Desa Madawau dan Desa Ndano terdampak.

“Bendung Madapangga mengalami longsor sayap dan tebing sepanjang 60 meter, ketinggian tebing 6 meter dan pipa PDAM berdiamater 8 inci sepangan 6 meter patah. Pipa air minum untuk mengalirkan air bersih kepada 700 pelanggan di 5 desa yang tersebar di kecamatan Madapangga.
Masih di kecamatan Madapangga, Desa Madawau mengalami dampak angin puting beliung menyebabkan rumah 16 kk mengalami kerusakan ringan hingga sedang, kebanyakan atap rumah melayang akibat angin kencang.

Pasca kejadian bencana, Tim BPBD melakukan koordinasi dengan camat dan desa setempat terkait penanganan, melakukan pengamatan, pendataan dan kaji cepat serta penanganan darurat bencana.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada terhadap dampak cuaca ekstrim seperti bencana banjir bandang, angin puting beliung, pohon tumbang dan tanah longsor. (*)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah Kota Bima menggelar Apel Siaga Bencana Hidrometeorologi Musim Hujan Tahun 2023/2024 yang sekaligus dirangkaikan dengan simulasi evakuasi dan penyelamatan korban,...