Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemilu Serentak 2024

Panwaslu Dompu Ingatkan PPK – PPS Rekrut KPPS Pemilu 2024 Sesuai Prosedur

Ketua Panwaslu Kecamatan Dompu menyampaikan surat imbauan kepada PPK Kecamatan Dompu agar merekrut KPPS sesuai prosedur yang disaksikan Camat Dompu.

Dompu, Bimakini. – Ketua Panwaslu Kecamatan Dompu mengingatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Dompu dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kecamatan setempat agar membentuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilu serentak tahun 2024 sesuai prosedur dan aturan yang berlaku.

Hal tersebut disampaikan Ketua Panwaslu Kecamatan Dompu, Muhammad Azwar., dalam rapat koordinasi (rakor) Pembentukan KPPS di Sekretariat PPK Kecamatan Dompu, Jum’at (08/12/2023) siang.

“Pada kesempatan ini, kami ingatkan PPK – PPS agar membentuk KPPS untuk Pemilu serentak pada 14 Februari 2024 sesuai dengan prosedur yang ada,” tegasnya.

Dikatakannya, bahwa berdasarkan Surat Edaran Bawaslu RI Nomor 32 tahun 2022 tentang pedoman teknis pengawasan terhadap pelaksanaan pembentukan KPPS dalam Pemilu. Ada beberapa hal yang menjadi fokus pengawasan Panwaslu Kecamatan Dompu bersama Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) pada tahapan pembentukan KPPS tersebut.


Diantaranya adalah mengawasi ketaatan PPK – PPS terhadap prosedur dan aturan dalam pembentukan KPPS, mengawasi keterpenuhan persyaratan anggota KPPS, serta mengawasi keterpenuhan kuata pendaftar anggota KPPS, dan memperhatikan 30% keterwakilan perempuan.

“Hal ini menjadi fokus perhatian kami di pengawas Pemilu,” terangnya.

Selain menyampaikan imbaun secara lisan dalam rakor itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Dompu juga menyampaikan imbauan secara tertulis kepada PPK – PPS agar membentuk KPPS tersebut sesuai prosedur.

“Sebagai upaya pencegahan dini, kami juga sampaikan surat imbauan tertulis agar membentuk KPPS ini sesuai prosedur,” jelasnya.

Senada disampaikan Ketua PPK Kecamatan Dompu, Hermansyah. Dia pun berkomitmen untuk membentuk KPPS sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku.

“Ini merupakan komitmen kita bersama,” terangnya. AZW

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini. – Selama tahapan kampanye Pemilu serentak tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Dompu menemukan banyak pelanggaran adminitrasi yang dilakukan peserta Pemilu dilapangan. Terutama peserta...

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini – Tahapan kampanye Pemilu tahun 2024 sudah dimulai pada 28 November tahun 2023 kemarin. Untuk mencegah munculnya dugaan pelanggaran, Ketua Panwaslu Kecamatan...

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini. – Tahapan kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2023 dimulai pada 28 November ini. Untuk itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Dompu kembali mengingatkan...

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini. – Ketua dan anggota Panwaslu Kecamatan Dompu, beserta Kepala Sekretariat mematangkan kesiapannya dalam mengawasi tahapan kampanye Pemilu serentak tahun 2024 bersama Pengawas...

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini. – Jelang tahapan kampanye Pemilu yang dijadwalkan mulai pada 28 November tahun 2023, Bawaslu Kabupaten Dompu menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan Ketua...