Connect with us

Ketik yang Anda cari

Opini

Pemimpin Visioner di Mata Rakyat

Oleh : Munir

Caleg PKS Dapil III Asakota

 

Pemimpin dan rakyat bagaikan dua sisi matauang, sulit dipisahkan satu dengan lainnya.Tidak ada pemimpin tanpa rakyat. Pemimpindan rakyat saling membutuhkan, sehinggaterjadi simbiosis yang memiliki ikatan rasa yang kuat.

Pada hakikatnya pemimpin dekat denganrakyat, mendatangi rakyat, pemimpin hadir di berbagai momen bersama masyarakat.Pemimpin adalah teladan, yang ditiru maupunyang dicontohi oleh rakyat.

Umar bin Khattab bisa dijadikan Qudwah bagikita bahwa, baginya pemimpin itu bukanprivilege yang membuatnya merasa lebihistimewa dibandingkan rakyat biasa, tapiamanah besar yang menjadi harusdiembannya betul-betul (Muhammad Abror).

Sosok pemimpin ideal di mata masyarakatadalah pemimpin yang betul-betul bisamelindungi, mengayomi, menguruskepentingan rakyat serta mampu mewujudkankesejahteraan dan keadilan bagi masyarakat.

Saat ini, rakyat  sangat membutuhkan sertamerindukan pemimpin yang selalumemperhatikan keinginan rakyat, pemimpinyang bisa menemukan harapan kebutuhanrakyat, pemimpin sebagai qudwah yang menjadi pelopor dari setiap kebajikan.

Nabi Muhammad SAW pernah mengatakanbahwa setiap kita pemimpin (ra’i) dan setiapkita akan dimintai pertanggungjawaban ataskeadaan yang dipimpinya.

Dalam islam, pemimpin bukanlah tukangperintah. Pemimpin yang berhasil adalahpemimpin yang mampu menghadirkan ikatanrasa bahwa ia guru yang mengajarkan banyakhal.

Ia sosok dengan pengalaman rohani dan bisamenularkannya ke orang-orang disekitarnya. Ia orang yang arif dalam menentukan arahkebijakannya yang harus ditempuh karena diavisioner. (Majalah Saksi).

Demikian halnya pemimpin jika selalu turunmenemui rakyatnya, pasti banyakpermasalahan rakyat yang diketahuinya, disinilah perlunya seorang pemimpin bertemulangsung dan berinteraksi dengan rakyatnya.

Pemimpin akan mengetahui permasalahanyang terjadi di masyarakat membutuhkansolusi atas permasalahan, sebagaimana yang ada pada diri Khalifah Umar Bin Khattabmenjadi Qudwah bagi pemimpin dimasasekarang dan akan datang.

Sudah menjadi ketetapannya, kita adalahseorang pemimpin. Hal ini tidakmempedulikan apa jabatannya sekarang, berapa jumlah bawahannya, strata pendidikannya, dari mana sukunya berasal, dan berapa penghasilannya perbulannya(Cahyo A. Pembudi).

Menjadi Pemimpin, entah jabatan Bupati, Gubernur, Walikota, jika cara memperolehnyakarena landasan amanat, ikhlas memberikankesejahteraan dan menguntungkan semuagolongan, maka ini adalah kemuliaan.

Tetapi jika pemimpin-pemimpin bangsa inimasih saja belum menyadari tugasnya, janganlah bosan-bosannya menyerukankepada mereka agar terus berdoa untuk dapatterhindar dari godaan kepentingan duniawi.(A. Hamzah, 2003)

Pemimpin harus memiliki karakter yang kuatdalam dirinya. Karena kepemimpinan padahakekatnya adalah sebuah proses seorangpemimpin dan watak yang jujur terhadap dirisendiri, bertanggungjawab, memilikipengetahuan, keberanian bertindak sesuaikeyakinan orang lain.

Rahasia utama kepemimpinan adalahkekuatan terbesar seorang pemimpin bukandari kekuasaannya, bukan kecerdasannya, tapi kekuatan pribadinya. Sehingga dapatmempengaruhi orang lain mengikutikehendaknya secara sadar dan ikhlas(Afnan). Mari kita teladani kepemimpinanKhalifah Umar Bin Khattab.

Allahu Musta’an

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Opini

Oleh : Munir Caleg PKS Dapil III Asakota   Kunjungan Pj. Walikota Bima dengan pejabat OPD 15 Januari 2024 di Istana Wapres diterima oleh...

Opini

Oleh : Munir (Caleg PKS Dapil III Asakota) Pemilu adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat untuk memilih anggota DPR, DPD, Presiden dan Wakil presiden dan DPRD...

Opini

Oleh : Munir Caleg PKS Dapil III Asakota Kelurahan Melayu Kec. Asakota luas wilayahnya 102,03 Ha/M2 jumlah penduduk 5.700 jiwa, tersebar di 15 RT...

Opini

Oleh : Munir Caleg PKS Dapil III Asakota Saat ini, pemerintah daerah menggarap destinasi pariwisata sebagai salah satu pemasukan daerah yang menjanjikan. Pemda giat...

Opini

Oleh : Munir Caleg PKS Dapil III Kecamatan Asakota Mencermati pemberitaan media dengan versi masing-masing terkait dengan Pj. Walikota Bima, perlu dibahas dari sudut...