Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Wartawan di NTB Bersiap Ikuti Porwanas 2024 di Kalimantan Selatan

Ketua SIWO PWI NTB, Joni Marthadinata.

Mataram, Bimakini.- Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI NTB, Joni Marthadinata, merespon baik keputusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat yang telah menetapkan Provinsi Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2024. Penetapan tuan rumah tersebut berdasarkan surat nomor 120/PWI-P/LXXVII/2023 tertanggal 29 November 2023.

“Kita sudah menerima informasi tersebut. Kita akan segera mempersiapkan segala sesuatunya,” kata Joni Marthadinata.

Porwanas 2024 adalah Porwanas kedua bagi Pimpred Lombok Post itu selama menjadi Ketua SIWO NTB. Joni pertama kali memimpin kontingen wartawan NTB pada Porwanas tahun 2022 di Jawa Timur. Dalam Porwanas yang dipusatkan di Kota Malang itu, kontingen NTB membawa pulang satu medali perunggu dari cabang olahraga atletik.

Joni mengatakan, SIWO NTB akan segera berkoordinasi dengan Ketua PWI NTB dalam melakukan agenda-agenda persiapan. Namun yang pasti, agenda seleksi atlet akan dilakukan setelah ada keputusan pusat soal cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Porwanas 2024 nanti.

Untuk diketahui, Porwanas adalah event olahraga untuk para wartawan di Indonesia. Event yang mempertandingkan puluhan cabang olahraga ini berlangsung selama satu minggu dan dilaksanakan sekali dalam tiga tahun. Atlet yang bertanding adalah wartawan berusia 27 tahun ke atas dari berbagai media, baik cetak, online, radio maupun tv dan terdaftar sebagai anggota Persatuan Wartawan Indonesia serta sudah lulus uji kompetensi wartawan.

Sementara itu, PWI Kalsel sendiri selaku pelaksana daerah langsung bekerja secara maraton mempersiapkan segala sesuatu terkait Porwanas ini. Mulai dari rapat pleno hingga melaporkan kepada pemerintah daerah.

Secara khusus Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie, melaporkan penetapan Kalsel sebagai tuan rumah tersebut kepada Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor. Gubernur yang biasa disapa Paman Birin yang sedari awal mendukung penuh Porwanas 2024 menyambut baik penetapan tersebut.

Ia langsung menginstruksikan jajaran untuk menindaklanjuti dan mendukung Porwanas 2024. Begitu pula dengan rencana pelaksanaan pada bulan Agustus yang bertepatan dengan Hari Jadi Provinsi Kalsel sangat disetujui Paman Birin.

“Pelaksanaannya di bulan Agustus tepat, sehingga PWI berkoordinasi dengan jajaran untuk mempersiapkannya,” ujar Paman Birin, Rabu (13/12/2023) malam.

Pelaksanaan Porwanas 2024 disebutkan akan dipusatkan di Kota Banjarmasin. Pembukaan dirancang di Gelanggang Olahraga (Gelora) Paman Birin di komplek perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru. Sementara penutupan dirancang di Siring Nol Kilometer.

“Insya Allah, sebelumnya kontingen PWI se Indonesia dijadwalkan terlebih dahulu dijamu dalam Gala Dinner oleh Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor, di Gedung Mahligai Pancasila di Banjarmasin,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Kalsel, Irwansyah, menyatakan ia bersama pengurus SIWO telah memulai rapat awalan persiapan pelaksanaan. Menurutnya, sebagai tuan rumah Kalsel punya dua tugas utama, pertama sebagai pelaksana dan kedua sebagai peserta.

“Pada Porwanas ini kami akan mengusulkan 15 cabang olahraga yang dipertandingkan, termasuk satu cabang olahraga kearifan lokal. Mudah-mudahan nanti disetujui SIWO se Indonesia,” ujarnya. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Banjir yang terjadi Rabu (21/2/2024) malam di Desa Kawinda Toi, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima, menyebabkan satu jembatan putus. Selain itu sejumlah rumah...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Kapolres Bima Kota, AKBP Yudha Pranata, S.I.K., S.H., memimpin langsung patroli pengamanan proses rekapitulasi dan penghitungan suara di tingkat Panitia Pemilihan...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Dalam rangka mengawal seluruh tahapan Pemilu 2024, TNI-Polri memperketat pengamanan kotak suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di seluruh wilayah...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Bertambah lagi warga Parado yang diduga terlibat dalam kasus pembakaran logistik Pemiku diamankan polisi. Kali ini seorang warga Desa Parado Rato inisial...