Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemilu Serentak 2024

Bawaslu Kota Bima Awasi Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara

Ketua Bawaslu Kota Bima, Atina saat mengecek surat suara yang disortir dan dilipat.

Kota Bima, Bimakini.- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bima mengawasi ketat kegiatan penyortiran dan pelipatan surat suara pemilihan umum (Pemilu) 2024, Sabtu (6/1/2024) di Kota Bima.

Ketua Bawaslu Kota Bima yang juga Koordinasi Divisi (Kordiv) Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) menegaskan komitmen Bawaslu, dalam memastikan kelancaran dan keabsahan proses pelipatan surat suara Pemilihan Umum di Kota Bima.

“Kami akan terus melakukan pengawasan secara melekat hingga selesainya pelipatan dan penyortiran surat suara sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU Kota Bima,” ujar Atina.

Tujuan pengawasan ini untuk memastikan seluruh proses pelipatan dan penyortiran surat suara dilakukan dengan baik, sesuai standar dan prosedur petunjuk teknis yang telah ditetapkan.

“Bawaslu hadir untuk memastikan petugas sortir-lipat surat suara melaksanakan tugas sesuai dengan tata cara dan Standard Operation Procedure (SOP) yang berlaku, jumlah surat suara di dalam dus sesuai dengan jumlah saat diterima (saat proses sortir lipat) dan diserahkan (setelah proses sortir lipat) suara itu layak digunakan sesuai dengan ketentuan, tidak dalam kondisi rusak, tidak dalam kondisi tercoblos dan tidak ada tanda atau noda yang menghalangi atau menutupi nama dari peserta Pemilu,” jelasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Surat suara yang disortir pada hari pertama ini adalah surat suara untuk pemilu Presiden & wakil Presiden. Dari hasil pengawasan kami sudah ditemukan surat suara yang dinyatakan rusak seperti adanya noda pada kolom coblos dan surat suara sobek.

“Untuk jumlah masih dilakukan perekapan, akan disampaikan lagi ke publik nantinya,” tambahnya.

Sementara itu anggota Bawaslu Kordiv Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat & Humas (HP2H) Idhar menyampaikan, proses ini adalah proses yang krusial, sehingga pengawasan dilakukan intensif.

“Kami Bawaslu Kota Bima, memastikan dengan mengawasi pelaksanaan penyortiran serta pelipatan surat suara untuk pemilu mendatang agar tidak ada surat suara yang rusak dan dilakukan dengan hati-hati serta dipastikan ketelitian para pelipat,” kata idhar.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Setiap pelipat harus diperiksa sebelum masuk maupun keluar ruangan, sebagai upaya pencegahan dan memastikan bahwa pelipat tidak membawa alat atau sesuatu yang bisa merusak surat suara.

Selain itu, Bawaslu juga meminta kepada KPU Kota Bima menyiapkan jepit atau pemotong kuku agar petugas yang melipat dan menyortir surat suara, memastikan tidak adanya kerusakan akibat kuku.

“Kalau ada yang masih panjang kukunya, kami langsung meminta dipotong sebelum masuk ruangan menjaga surat suara tidak sobek karena kuku,” tegasnya.

Sedangkan Kordiv Penanganan Pelanggaran & Penyelesaian Sengketa (H2PS) Amar menjelaskan, sesuai dengan jadwal penyortiran & pelipatan surat suara yakni tanggal 6-10 Januari 2024 yang telah ditentukan, Bawaslu telah membentuk Tim untuk melakukan pengawasan melekat.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Tim ini bersama kami tidak hanya mengawasi proses penyortiran dan pelipatan, tetapi juga mengawasi surat suara yang telah dilipat dan memastikan selesai di lipat surat suara tersebut disimpan Kembali ke tempat yang aman,” kata Amar.

Dari data hasil pengawasan hari ini tercatat sudah disortir dan dilipat sebanyak 34 dus dengan jumlah 67.218 lembar surat suara.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Tahap pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 telah rampung, namun Polres Bima Kota Polda NTB masih aktif dalam pengamanan dan pengawalan...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.-  Logistik Pemilu 2024 di lima TPS di Kecamatan Parado, Kabupaten Bima, di Desa Wane, Rato, Kamsa, Desa Lere. Pembakaran dilakukan saat...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima Menggelar Apel Siaga Patroli Pengawasan menghadapai masa tenang hingga pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2024,...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Setiap tahapan Pemilu, memiliki tingkat kerawanan sendiri. Maka perlu ada pemetaan kerawanan disetiap tahapan, tertama masa tenang dan saat pungut hitung....

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.-  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima telah melakukan pengawasan dan pencermatan, terhadap data pemilih di Kota Bima untuk Pemilu tahun 2024....