Connect with us

Ketik yang Anda cari

Opini

Responsif Staf Khusus Wapres Atas  Kunjungan Pj Walikota Bima di Istana Wapres

Oleh : Munir

Caleg PKS Dapil III Asakota

 

Kunjungan Pj. Walikota Bima dengan pejabat OPD 15 Januari 2024 di Istana Wapres diterima oleh staf khusus Wapres Dr. Gatot Prio Utomo. Kunjungan tersebut dalam rangka konsultasi dan kordinasi program pemerintah pusat di daerah.

 

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Pj. Walikota Bima memaparkan kepada staf khusus Wapres mengenai percepatan penanganan stunting, kemiskinan ekstrim, reformasi birokrasi dan peningkatan pelayanan publik.

 

Gayung bersambut, staf khusus Wapres merespon dengan kunjungan kerja di Kota Bima.  Melakukan cross check dan  pemantauan beberapa program yang disampaikan oleh Pj. Walikota Bima di Istana Wapres.

 

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Kunjungan staf khusus Wapres merupakan respon balik kunjungan Pj. Walikota Bima di Istana Wapres. Tingkat kepercayaan pemerintah pusat pada Pemerintah Kota Bima saat ini adalah sangat tinggi.

 

Pj. Walikota Bima mampu memberikan keyakinan staf khusus Wapres tentang penanganan stunting, kemiskinan ekstrim, dilakukan secara berkelanjutan sampai tuntas. Ada feedback dan rasa optimis bahwa stunting adalah pekerjaan bersama dan harus diselesaikan dengan program inovasi “kasama weki”.

 

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Penanganan kemiskinan ekstrim tidak lagi dapat dilakukan oleh pemerintah pusat sendiri, tetapi harus dilakukan bersama-sama dengan pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat serta swasta.

 

Pemkot Kota Bima sudah melakukan upaya peluncuran program pelatihan keterempilan dan penciptaan lapangan kerja dan penguatan jaringan sosial dan perlindungan sosial bagi kelompok rentan. Serta implementasi proyek pembangunan ekonomi lokal.

 

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sedangkan Penanganan reformasi birokrasi dan pelayanan publik juga menjadi prioritas program Pemerintah Kota Bima. Dua hal ini adalah saling terkait tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya.

 

Reformasi birokrasi bertujuan mewujudkan birokrasi yang tidak kaku, fleksibel, sederhana kaya fungsi dengan sistim kontrol yang baik. Mewujudkan good governance denga prinsip transparansi, accuntabilty dan responsibility.

 

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Reformasi birokrasi adalah keniscayaan, asumsi publik masih ada oknum birokrasi layaknya sebagai penguasa bukan sebagai pelayan. Reformasi birokrasi adalah jawaban bahwa birokrasi bertugas untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

 

Peningkatan pelayanan publik adalah menjadi area yang diharapkan pada upaya penerapan reformasi birokrasi Indonesia, hal ini diatur dalam Peraturan Presiden RI Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025. (https://ombudsman.go.id).

 

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Pelayanan publik oleh aparatur pemerintah dewasa masih banyak dijumpai kelemahan belum memenuhi kualitas yang diharapkan masyarakat. Hal ini ditandai adanya berbagai keluhan masyarakat yang disampaikan memlalui media masa, sehingga  dapat menimbulkan citra yang kurang baik terhadap aparatur pemerintah (laporan akhir pengukuran kinerja MK RI 2021).

 

Dengan demikian kepada semua pemangku kewenangan di Pemkot Bima agar memaksimalkan tugas agar program prioritas menjadi atensi di saat penyampaian di Istana wapres dapat diwujudkan dalam aksi nyata.

 

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Di masa pengabdian Pj. Walikota Bima, tengat waktu yang begitu singkat jika mampu memberikan kontribusi dan perubahan pada Pemerintah Kota Bima hal ini akan menjadi prestasi monumental bagi Pj. Walikota Bima H. M. Rum.

 

 

Allahul Musta’an.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Opini

Oleh : Munir Husen Dosen Universitas Muhammadiyah Bima   Pembangunan Masjid Agung Al Muwahidin awalnya inisiatif mantan Bupati Bima Drs. H. Zainul Arifin (Abu...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) memusnahkan ribuan kartu suara yang kelebihan, baik itu dalam kondisi rusak maupun dalam kondisi baik, Selasa 13...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pj. Wali Kota Bima, HM. Rum, bersama dengan sejumlah pejabat terkait, melakukan peninjauan terhadap kesiapan Instalasi Pengelolaan Air Minum (IPAM) Dodu di...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pj. Wali Kota Bima Ir. H. Mohammad Rum, M.T bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bima Syarief Rustaman, S.Sos M.Ap menyambangi...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Kehadiran GMPK Ntobo diterima hangat oleh Penjabat Wali Kota Bima Ir. H. Mohammad Rum, MT di Ruang Kerjanya, Rabu 10 Januari...