Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemilu Serentak 2024

Caleg Tolak PSU Parado, Kuatir Perolehan Suara Disalip

Foto Dok. Surat suara yang diduga dibakar di lima TPS di Kecamatan Parado, Rabu malam.

Bima, Bimakini.- Rekomendasi Bawaslu untuk  Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kecamatan Parado, Bima mendapat penolakan Calon Anggota Legislatif (Caleg) yang memperoleh suara tinggi. Mereka kuatir disalip Caleg lainnya, apalagi seleksinya tipis.

Salah seorang Caleg Partai Gelora, Irwan, terang-terangan menyatakan penolakan terhadap rencana PSU di Kecamatan Parado.

“Saya tegas menolak rencana PSU di (Kecamatan) Parado,” ucapnya via sambungan telpon, Selasa (20/2/2024).

Caleg dari partai Gelora itu mengaku kuatir akan tersingkir dan disalip Caleg lain dengan adanya rencana PSU di Kecamatan Parado.

“Jelas-jelas saat ini saya peroleh suara 1.000 lebih dan unggul dari Caleg lain dalam satu partai, dan bisa saja perolehan suara lawan lebih unggul adanya PSU,” tutur Caleg Dapil 1 Kabupaten Bima.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Menurut dia, Bawaslu terlalu dini menyarankan pelaksanaan PSU total di Kecamatan Parado, padahal belum diidentifikasi lebih jauh persoalan yang terjadi.

“Harusnya kami Caleg ini yang diundang juga, bulan ketua-ketua partai. Kami yang merasa dirugikan adanya PSU ini,” ujar Caleg dari partai Gelora itu.

Dia meminta kepada Kapolda NTB dan Kapolres Bima agar mengusut tuntas kasus pembakaran logistik Pemilu di Kecamatan Parado.

“Saya minta dengan hormat agar menangkap aktor intelektual dalam kasus Parado. Tangkap semuanya, jangan dibiarkan keliaran,” pintanya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Senada disampaikan Dahlan Umar Caleg Dapil 1 Kabupaten Bima utusan PDI Perjuangan.

“Saya menolak rencana PSU total di Kecamatan Parado,” ujar pria yang memperoleh suara 1.300 lebih dalam Pemilu 2024 ini.

Dahlan mengaku, rencana PSU total di Kecamatan Parado merugikan pihak lain dan terlalu dini disarankan dilakukan PSU.

“Rencana PSU ini sudah jelas akan merugikan pihak lain. Harusnya Bawaslu tidak terlalu cepat menyimpulkan PSU total,” sesalnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Menurut dia, persoalan pembakaran logistik Pemilu di beberapa TPS Kecamatan Parado tidak mesti langsung dinyatakan PSU secara total satu kecamatan.

“Yang terjadi di Parado itu tidak dapat dikategorikan untuk dilakukan PSU secara total. Itu terjadi akibat ulah beberapa orang saja,” ujarnya.

Atas rencana PSU total di Kecamatan Parado tersebut dikuatirkan kedudukan Caleg yang diketahui unggul akan tersalip.

“Salah satu alasan kami menolak, ya kami kuatir disalip Caleg lain. Sudah jelas kami peroleh suara terbanyak dari Caleg lain,” tuturnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dia meminta kepada Kapolda NTB dan Kapolres Bima agar mengusut tuntas kasus pembakaran di Kecamatan Parado.

“Semua yang terlibat harus ditangkap,” pintanya.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Empat terduga  pelaku pembakaran logistik Pemilu di Kecamatan Parado tidak dapat menggunakan hak pilihnya saat Pemungutan Suara Ulang (PSU) Sabtu (24/2/2024). Pasalnya...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Penunguran Suara Ulang (PSU) di Kecamatan Parado, Kabupaten Bima, Sabtu 24 Februari 2024 berjalan lancar. Untuk itu, KPU menyampaikan apresiasi kepada semua...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Sebanyak  34 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Parado, Kabupaten Bima, menggelar pemungutan suara ulang (PSU). PSU dilaksanakan setelah adanya kerusuhan pembakaran...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Bertambah lagi warga Parado yang diduga terlibat dalam kasus pembakaran logistik Pemiku diamankan polisi. Kali ini seorang warga Desa Parado Rato inisial...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima telah mengeluarkan surat keputusan Nomor 7O5 Tahun 2024 tentang Penetapan Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang pada Pemilihan...