Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Diduga Beda Pilihan Caleg, Kepala Desa Taloko Pecat Lima Ketua RT

Lampiran Surat Pemecatan Ketua RT di Desa Taloko.

Bima, Bimakini.-  Lima Ketua RT di Desa  Taloko, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) diduga dipecat karena beda pilihan politik pada Pemilu 2024 dengan Kepala Desa (Kades). Pemecatan dilakukan 19 Febuari 2024 lalu.

Hal itu terlihat dari surat yang dikeluarkan oleh Kades Taloko. Salah satu anak Kades menjadi calon pada pemilihan anggota DPRD Kabupaten Bima.

Salah seorang Ketua RT, Tasrif mengaku heran dengan surat pemecatan yang dikeluarkan oleh Kades Taloko. Pada hal selama ini dirinya menjalankan tugas dengan baik.

“Kami sangat menyayangkan tindakan sepihak yang dilakukan oleh Kades tanpa alasan yang jelas,” kata  Tasrif, Ketua RT 007, Rabu (21/2/2024).

Selain itu, Tasrif juga menyayangkan sikap sepihak yang dilakukan oleh Kades. Dirinya merasa tidak melakukan pelanggaran apa-apa selama ini.  “Kami tidak pernah melakukan pelanggaran selama ini. Ini pemecatan tanpa sebab,” tambahnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Seusai mendapat surat pemecatan sepihak dari Kades Taloko, kelima Ketua RT tersebut sempat ke Kantor Camat menanyakan perihal kasus itu. “Kami sudah ke kantor Camat menanyakan hal itu,” tambahnya.

Hingga saat ini, Kades Taloko belum memberikan keterangan perihal pemecatan terhadap lima orang ketua RT. Nomor Telpon miliknya saat dihubungi, tidak tersambung.

Mereka yang dipecat adalah Makarau, Ketua RT 004, Tasrif Ketua RT 007, IDris Ketua RT 010, Gufran Ketua RT 012, Salahudin, Ketua RT 013.

Camat Sanggar, Ahmad, SH membenarkan adanya lima RT yang dipecat Kades Taloko, KS, karena perbedaan pilihan politik. Salah satu anak Kades mencalonkan diri di Pemilu Legislatif 2024. “Padahal ada juga Ketua RT lain yang berbeda piihan dengan Kades, namun tidak semua dipecat,” ungkapnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Pihaknya akan mengelarifikasi masalah ini dengan memanggil Kapala Desa dan ketua RT yang dipecat. “Saat ini masih sibuk dengan rekepitulasi tingkat PPK, setelah ini selesai, akan dilakukan pemanggilan,” ujarnya.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Tahapan pemungutan hitung pada Pemilihan Umum (Pemilu) telah usai. Angka partisipasi masyarakat pada penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kota Bima  mencapai 89,88...

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini.- Lembaga Pemerataan Pembangunan (LPP)  Dompu, msnduga  ada kecurangan pemilu. Hasil Rapat Pleno Kecamatan tidak sesuai dengan C hasil dan Salinan C hasil...

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini.- Calon Anggota DPRD Provinsi NTB Dapil 6, Kota Bima, Kabupaten Bima dan Dompu, M Tahir, SAg, MPd, melaporkan dugaan penggelembungan suara di...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Kapolres Bima Kota, AKBP Yudha Pranata, S.I.K., S.H., memantau proses pengamanan rekapitulasi dan penghitungan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)...

Pemilu Serentak 2024

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bima sudah mereskomendasikan untuk pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kecamatan Parado. Namun belum menerima keputusan dari KPU Kabupaten...