Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Tak Kunjung Diangkat, 32 Bidan Pendidik yang Lulus PPPK Demo Bupati Dompu

Para bidan pendidik yang dinyatakan lulus seleksi PPPK tahun 2023 melakukan aksi unjuk rasa depan kantor Bupati Kabupaten Dompu, Kamis (04/04/2023) pagi.

Dompu, Bimakini. – Sebanyak 32 bidan pendidik (D4) yang telah dinyatakan lulus seleksi pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Dompu tahun 2023 melakukan aksi unjuk rasa depan kantor Bupati Dompu, Kamis (04/04/2024) pagi.

Kehadiran mereka dengan soud sistem lengkap yang didampingi sejumlah aktivis mahasiswa di Kabupaten Dompu itu untuk memperjuangkan nasibnya agar ditetapkan menjadi ASN PPPK.

Pasalnya, setelah dinyatakan lulus seleksi PPPK lingkungan Pemerintah Kabupaten Dompu oleh Kepala BKN pada (15/12/2023) lalu. Kini, nasib mereka belum jelas. Bahkan dikabarkan bahwa kelulusan mereka akan dibatalkan kembali.

“Sampai hari ini belum ada keputusan yang pasti untuk kami. Bahkan kami mendengar isu bahwa kami yang ijazah D4 pendidik akan dibatalkan kembali kelulusanya menjadi PPPK. Bagaimana nasib kami ini, adakah solusi terbaik dari pemerintah,” tanya sejumlah bidan dihadapan Sekda.

Senada disampaikan bidan pendidik lainnya, Mentari Wijaya. Aksi unjuk rasa tersebut terpaksa mereka lakukan. Karena selama memperjuangkan nasibnya, mereka merasa dipimpong dan dikebiri oleh pemerintah.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Saat ingin berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dikes), Dikes malah arahkan ke BKD. Saat hendak berkoordinasi dengan BKD, BKD malah arahkan untuk berkoordinasi dengan Sekda.

“Kami sudah berupaya untuk berkoordinasi, tetapi kami hanya diminta untuk bersabar. Tolong lihat dan perhatikan kami, kami minta kepastian, bagaimana tanggungjawab pemerintah,” teriaknya saat berorasi.

Usai sejumlah aktivis yang tergabung dalam Forum Peduli Bidan Kabupaten Dompu dan perwakilan bidan pendidik melakukan orasi secara bergantian. Masa aksi diterima Sekda Kabupaten Dompu.

Dihadapan Sekda Dompu, Koordinator Forum Peduli Bidan Kabupaten Dompu, Slamat Abadi Sentosa., meminta pertanggungjawaban Panitia Seleksi Daerah (Panselda) atas ketidak jelasan nasib 32 bidan pendidik tersebut.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Katanya, jika benar 32 bidan pendidik yang sebelumnya dinyatakan lulus seleksi PPPK dan kelulusan tersebut dibatalkan (TMS) kembali. Maka Panselda dan pemerintah daerah harus bertanggungjawab.

Menurutnya, jika kelulusan bidan pendidik tersebut dibatalkan. Maka harus ada solusi kongkrit dari pemerintah daerah. Paling tidak membuka formasi D4 bidan pendidik dalam seleksi PPPK tahun 2024.

Pemerintah harus komitmen bahwa 32 tenaga pendidik yang lulus seleksi PPPK tahun 2023 langsung diangkat menjadi PPPK tahun 2024. Tanpa tes dan seleksi, hanya melakukan penyesuaian bahan.

“Kami rasa ini solusi kongkrit yang harus dilakukan pemerintah daerah. Komitmen ini harus dituangkan secara tertulis,” tegasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Menanggapi hal itu, Sekda Kabupaten Dompu, Gatot Gunawan PP., menyebutkan bahwa kelulusan 32 bidan pendidik tersebut hingga saat ini belum dibatalkan. Dia mengaku sangat memiliki tanggungjawab moral terhadap para bidan tersebut. Apalagi para bidan yang lulus PPPK itu telah mengabdi lebih dari 2 tahun hingga 10 tahun lebih.

Atas persoalan tersebut, pemerintah daerah akan berupaya berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat agar para bidan yang lulus seleksi PPPK tahun 2023 dapat diprioritaskan pada seleksi pengadaan PPPK tahun 2024.

“Kalau membuat kesepakatan atau komitmen secara tertulis, itu bukan kewenangan saya. Intinya, percayalah pada kami,” cetusnya. AZW

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Dompu, Bimakini, – Sejumlah aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Masyarakat Peduli Rasanggaro (HMPR) Desa Mangge Asi, Kecamatan Dompu menuntut Pemerintah Kabupaten Dompu agar...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini, – Bupati Kabupaten Dompu, H. Kader Jaelani yang juga Ketua Komite Olahraga Nasional (KONI) menghadiri acara doa syukuran yang dilaksanakan KONI atas...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini, – Seleksi Tilawatil Quran ke – XXVII tingkat Kabupaten Dompu tahun 2023 yang berlangsung dari tanggal 11 sampai dengan 15 Maret 2023...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini, – Bupati Kabupaten Dompu meminta agar seluruh aktivis dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Kabupaten Dompu yang Mandiri, Sejahtera, Unggul dan...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini, – Bupati Kabupaten Dompu, H Kader Jaelani menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) yang diberikan Wakil Presiden RI. Bupati Dompu menyatakan bahwa...