Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Pesta Demokrasi SMAN 3 Sape Lancar

14233110_1772852496289712_911683747138208998_nBima, Bimakini.- Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Sape Kabupaten Bima menggelar debat dan pemilihan calon Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra-Sekolah (OSIS), Kamis pekan  lalu. Pesta demokrasi itu pertamakali dilakukan  berdasarkan  saran dari Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Bima.

Suasana pemilihan berlangsung sesuai tahapan yang dilakukan KPU ketika menghelat Pilkada. Hasilnya, pasangan nomor 2, Syahrial dan Nur Inayah memenangkan kompetisi itu.

Kepala SMAN 3 Sape, Subair, ST, mengaku saran  KPU itu ditindaklanjuti melalui kerja sama. Walaupun sebenarnya di SMAN  3 Sape udah biasa dilakukan melalui  pemilihan langsung dan surat suara sesuai tanda gambar pasangan calon. Hanya saja, perbedaannya tahun ini  ada debat para calon. Kemudian bimbingan teknis bagi KPPS atau petugas di Tempat Pemungutan Suara. “Beda dengan pelaksanaan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OISIS tahun sebelumnya,” ujarnya melalu pesan Facebook, akhir pekan lalu.

Saat itu,Ketua KPU Kabupaten Bima, Siti Nursusila, SIP, MMIP, menyatakan   kerja sama dalam pemilihan calon Ketua dan Wakil Ketua OSISI ini  untuk meningkatkan pengetahuan,  pemahaman politik, dan proses berdemokrasi bagi siswa. Khususnya calon pemilih pemula khususnya dalam Pilkada Gubernur NTB tahun 2018.

Kadis Dikpora,  Tajuddin, SH, MSi, mengatakan apa yang dilakukan dalam debat ini perlu dikembangkan agar siswa memiliki pengetahuan dan wawasan lebih luas. Selain itu,  mampu menjabarkan dalam kehidupan sehari-hari. Khususnya di lingkungan sekolah. “Sehingga kasus perkelahian, tawuran dapat kita hindari karena adanya kesadaran politik siswa itu sendiri,”: ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

14203170_1772852532956375_960967775653269441_nBupati Bima diwakili Asisten I Setda, Drs H Abdul Wahab, mengatakan pemerintah  mengapresiasi apa yang dilakukan SMAN 3 Sape bersama KPU,  karena ikut serta secara langsung dan aktif dalam pembelajaran proses demokrasi dan politik bagi siswa.  Dia mengharapkan di lingkungan sekolah nilai-nilai demokrasi selalu tertanamkan dalam diri siswa, sehingga mampu meningkatkan kepribadian luhur.

Akhirnya siswa tidak akan terlibat dalam kegiatan yang tidak kita inginkan bersama.

“Atas nama Oemerintah Kabupaten Bima menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua KPU beserta seluruh jajarannya dan  SMAN 3 Sape atas pelaksanaan kegiatan ini. “Semoga apa yang dihajatkan mampu menghasilkan pasangan  yang demokratis,” katanya. (BK22)

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait