Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Tingkatkan Jumlah Siswa, Kepala SMPN 4 Monta ‘Gerilya’

Drs Abdul Salam, MPd

Drs Abdul Salam, MPd

Bima, Bimakini.- Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4  Monta, Drs Abdul Salam, MPd, mengintensifkan cara  berbaur bersama masyarakat kecamatan  setempat.   Kasek ini bersosialisasi pada  masyarakat dan wali murid, supaya calon siswa tidak keluar dari Kecamatan Monta dan penerimaan siswa baru tahun mendatang meningkat.

Salam mengakui jumlah siswa secara keseluruhan hanya 376 orang, ini menunjukan sekolah  masih kurang diminiati  calon wali murid. Persoalannya bukan karena potensi SDM di sekolah.

“Kepercayaan orang tua terhadap sekolah di wilayah sendiri masih kurang, karena menggangap sekolah urutan keempat kurang, masih standar,” jelasnya Rabu (28/9/2016) di Monta.

Menurut dia, potensi guru  sekolah setempat  tidak berbeda jauh dengan guru  sekolah lain. Setiap lomba dan kegiatan lain tetap menjadi peserta, meski belum mencapai juara, tetapi tujuannya bagimana menampilkan siswa agar terbentuk mentalnya.

“Kita tetap ikut lomba tingkat kecamatan maupun kabupaten, hanya saja belum mencapai  juara,” ungkapnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Menyusul kondisi   kurangnya jumlah siswa itu, Kasek mengaku  tidak mengenal waktu mendatangi masyarakat Monta,  berbagai kegiatan masyarakat disampaikan bahwa SMPN 4  bisa maju dan berkembang kalau didukung oleh masyarakat sekitar.
“Saya langsung  meminta dukungan dan kerjasama masyarakat agar SMPN Monta bisa maju,” jelasnya.

Selain sosialisasi kepada warga, lebih awal  menata dan membenahi  internal sekolah, terutama   disiplin guru dan sikap mendidik siswa harus memiliki prioritas. Setiap pertemuan harus ada target yang ingin dicapai.

“Tingkat disiplin guru, terutama siswa sudah terlihat. Mereka sudah aktif tidak hanya satu bidang, namun yang lebih penting target kita ada peningkatan pada bidang akademis,” katanya.

Demi memajukan sekolah,  tidak akan pernah merasa bosan bersosialisasi ke tengah masyarakat agar memberikan perhatian dan  kepercayaan kepada SMPN 4 Monta untuk mendidik anak. “Saya harap orang tua dapat memasukan anaknya untuk sekokah di sekolah kami, khususnya desa sekitar,”  pintanya. (BK34)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

 

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Jalan-jalan

IKAN Patin yang dalam bahasa latinnya disebut Pangasius merupakan jenis ikan konsumsi air tawar. Ikan patin memang tidak populer seperti salmon. Harganya juga tidak...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Untik mempererat hubungan antara Polri dan masyarakat serta memastikan kenyamanan tempat ibadah, Polres Bima Kota beserta Polsek jajaran menggelar kegiatan bakti...

Peristiwa

Matram, Bimakini.- Keluhan terhadap Permen Kelautan dan Perikanan (KP) No 7 Tahun 2024 ternyata tidak hanya oleh DPD HNSI NTB. Tapi hampir seluruh stakeholder...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Tim Opsnal Polsek Rasanae Barat (Rasbar) Polres Bima Kota kembali berhasil menggagalkan upaya peredaran minuman keras (Miras) di wilayah hukumnya. Kali...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Pemindahan tempat penahanan dari rumah tahanan Polres Dompu ke rumah tahanan Polda NTB terhadap 5 (lima) aktivis HMI yang melakukan pengerusakan...