Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Warga Ndano Nae Impikan Pustu dan Listrik

lampuBima, Bimakini.- Warga Dusun Ndano Nae  Kelurahan Ntobo Kecamatan Raba Kota Bima, masih   memgimpikan  tersedianya sarana kesehatan dan listrik.  Hingga kini,  pemerintah setempat belum merealisasikannya.

Begitu pun penerangan, baru setelah satu tahun terakhir mendapatkan bantuan mesin genset dari Wakil Ketua DPRD Kota Bima. Itu pun hanya beberapa jam sehari.

Dusun  ini dihuni oleh 97 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 200 jiwa dengan dua Rukun Tetangga.

Hal itu  diungkapkan warga kepada wartawan  saat   menyambangi dusun itu, Sabtu (17/09/2016). Seperti diwakili  Yahya (45). Dia mengaku, harapan dan mimpi masyarakat Ndano Nae selama ini adalah  pelayanan kesehatan. Walaupun memang sudah ada pengerasan jalan beberapa waktu lalu, kendala pelayanan kesehatan masih ada.

Katanya, tempat pelayanan kesehatan menjadi dambaan warga saat ini, karena  harus menempuh jarak  sekitar 10 kilometer ke Puskemas Penanae. Itu pun melalui   jalan seadanya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dikatakan Yahya, bila  tidak berhati-hati saat mendatangi Puskemas, bukannya berobat, fatalnya malah kecelakaan yang terjadi. Selama ini lantaran tidak ada tempat pelayanan kesehatan,  khusus untuk pelayanan dalam proses persalinan saat melahirkan warga masih tetap mengandalkan dukun beranak.

Bagaimana kami mau melahirkan di tempat pelayanan kesehatan kalau tempatnya jauh, selama ini kami terpaksa masih percayakan pada dukun beranak saja,”  ujarnya.

Dibandingkan dusun lain, diakui Yahya, sudah terjamah tempat pelayanan kesehatan. Seperti dusun tetangganya juga berada jauh dari akses pusat pemerintahan, Kabanta. Sudah ada Pustu dan setiap pekan didatangi petugas kesehatan.

Untuk itu, warga sangat berharap Pemkot Bima segera membangun tempat pelayanan kesehatan memadai. Walaupun hanya sekali sepekan  didatangi petugas kesehatan, melalui  Pustu  warga akan sangat terbantu.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Selain pustu juga listrik, memang saat ini sudah ada listrik di Ndano Nae. Itu pun baru setahun terakhir, bantuan pribadi  Wakil Ketua DPRD asal Kelurahan Ntobo. Genset saat ini sedikit  membantu warga, walaupun hanya beberapa jam sehari mendapatkan pasokan listrik.

Walaupun deWmikian, warga  berterima kasih pada Pemkot Bima yang sudah membenahi  jalan menuju Ndado Nae. alaupun sekadar pengerasan, saat ini warga sudah sedikit lega. Tidak lagi terlalu sulit saat akan menuju Kota Bima.

Soal sarana pendidikan, diakui Ismail, warga lainnya, sejak dulu sampai saat ini baru ada satu sekolah, yaitu MI. Itu pun hanya ada dua ruangan belajar. Bagi anak-anaknya yang akan melanjutkan sekolah  tingkat SMP dan SMA melanjutkan ke sekitar wilayah Kelurahan Penatoi.

“Hanya harapan kami pada Bapak Wali Kota bangunkan kami tempat pelayanan kesehatan dan pada PLN bantu warga agar dapat pasokan listrik,” harapnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sebelumnya, Pemkot Bima mengisyaratkan aspirasi warga setempat akan direalisasikan melalui tahapan pembangunan yang dilakukan. (BK32)

 

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Jalan-jalan

IKAN Patin yang dalam bahasa latinnya disebut Pangasius merupakan jenis ikan konsumsi air tawar. Ikan patin memang tidak populer seperti salmon. Harganya juga tidak...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Untik mempererat hubungan antara Polri dan masyarakat serta memastikan kenyamanan tempat ibadah, Polres Bima Kota beserta Polsek jajaran menggelar kegiatan bakti...

Peristiwa

Matram, Bimakini.- Keluhan terhadap Permen Kelautan dan Perikanan (KP) No 7 Tahun 2024 ternyata tidak hanya oleh DPD HNSI NTB. Tapi hampir seluruh stakeholder...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Tim Opsnal Polsek Rasanae Barat (Rasbar) Polres Bima Kota kembali berhasil menggagalkan upaya peredaran minuman keras (Miras) di wilayah hukumnya. Kali...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Pemindahan tempat penahanan dari rumah tahanan Polres Dompu ke rumah tahanan Polda NTB terhadap 5 (lima) aktivis HMI yang melakukan pengerusakan...