Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Istana Putih Terbakar, Ini Penjelasan Sultan Sumbawa

Foto Dok. Istana Putih Sumbawa yang terbakar, Selasa (11/7/2017) pagi.

Sumbawa, Bimakini.– Istana Putih Kesultanan Sumbawa, Selasa (11/7/2017) ludes terbakar. Bangunan tersebut dikelola oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumbawa. Peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 09.45 Wita.

Atas kejadian terbakarntanya bangunan tersebut, Sultan Sumbawa Dewa Masmawa Muhammad Kaharuddin IV dan Permaisuri, Dewa Merajabini Andi Bau Tenridjadjah, membenarkan terjadinya kebakaran tersebut.

Dijelaskannya, Gedung Istana Putih dibangun dan menjadi kediaman Sultan Sumbawa  Muhammad Kaharuddin III  dan Permaisuri Dewa Merajabini Siti Khadijah Ruma Paduka Daeng Ante, Puteri Sultan Bima Muhammad Salahuddin  dengan Permaisuri Ruma Paduka Siti Mariyam binti Ruma Bicara Bima     Muhammad Quraish.

Bangunan tersebut, jelasnya, dikelola dan digunakan oleh    Pemda Kabupaten  Sumbawa untuk pelbagai kegiatan, seperti penerimaan dan tempat menginap tamu, rapat-rapat dan lainnya.

Namun, terangnya,  di gedung tersebut, tidak tersimpan benda-benda dan alat perlengkapan Sultan maupun Kesultanan Sumbawa.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Menyikapi musibah ini, Kami merasa sangat prihatin, karena bagaimanapun Istana Putih adalah merupakan salah satu Istana Kesultanan Sumbawa, disamping Istana Dalam Loka serta Istana Bala’ Kuning yang dewasa ini masih berdiri tegak dan menjadi      bagian yg tidak terpisahkan dalam perjalanan sejarah dan budaya Tau Ke Tana Samawa,” ujar Sultan.

Sultan berharap agar semua bisa menerima musibah ini dengan sabar, meningkatkan keimanan dan ke-Islam-an. “Kita berdoa     kehadirat Allah SWT atas Keselamatan Tau ke Tana Samawa,” pesannya.

Harapan lain Sultan, kedepan bangunan itu bisa direstorasi, sehingga Istana Bala Putih yangmenjadi kebanggaan bersama dan dapat diwujudkan kembali dalam bentuk orisinil.

Kebakaran sendiri terjadi sekitar pukul 09.45 Wita dan diduga terdengar suara ledakan. Namun, belum diketahui pasti penyebab kebakaran. (BK37)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait