Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Wabup Ingatkan Pentingnya Pengelolaan Perpustakaan

Wabup Bima, H Dahlan

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan, MPd, mengingatkan pentingnya  pengelolaan Perpustakaan untuk mencerdaskan masyarakat. Era global saat ini, pendidikan merupakan sesuatu yang penting. Akar dari peradaban bangsa dan telah menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang agar bisa menjawab tantangan kehidupan.

Untuk menikmati pendidikan,  banyak cara yang dapat  dicapai. Di antaranya melalui perpustakaan. Sebab, pada perpustakaan berbagai sumber informasi bisa  diperoleh. Selain itu, banyak juga manfaat lainnya seperti ketika  mendengar kata perpustakaan, dalam benak langsung terbayang sederetan buku-buku yang tersusun rapi pada  rak ruangan.

“Pendapat ini kelihatannya benar, tetapi kalau kita mau perhatikan lebih lanjut, hal itu belumlah lengkap,” urainya dikutip Kabag Humaspro Setda Kabupaten Bima, Armin Farid, SSos, saat Bimtek  bagi Tenaga Teknis Perpustakaan Daerah, Sekolah, Madrasah, Desa dan Perguruan Tinggi se-Kabupaten Bima di hotel La Ila Kota Bima, Kamis (27/07).

Keberadaan Perpustakaan merupakan institusi yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan terekam, mengelolanya secara khusus  untuk memenuhi kebutuhan intelektualitas para penggunanya melalui beragam cara interaksi pengetahuan.

“Namun, seiring perkembangan berbagai jenis perpustakaan, variasi koleksi dalam berbagai format memungkinkan maka perpustakaan secara fisik tidak lagi berupa gedung penyimpanan koleksi buku,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Banyak kalangan terfokus memandang perpustakaan sebagai sistem, tidak lagi menggunakan pendekatan fisik. Sebagai sistem, perpustakaan terdiri dari beberapa unit kerja atau bagian yang terintergrasikan melalui sistem yang dipakai untuk pengelolaan, penyusunan dan pelayanan koleksi yang mendukung berjalannya fungsi perpustakaan.

Wabup menyampaikan, Bimtek ini adalah wadah memberikan pengetahuan bagi tenaga teknis perpustakaan, sehingga   dapat mengetahui apa yang dilakukan dalam pengelolaan.

Saat itu hadir narasumber Khoirul Mizan dan Kusairi dari Trainer Program Perpuseru Coca- Cola Foundation

Indonesia.  Arasynur Yakin  dari Perpustakawan Madya pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Provinsi NTB.  Kiki Isnandar sebagai Pranata Komputer dari Dinas Perpustakan dan Kearsipan Provinsi NTB serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dari Kabupaten Bima. (BK29)

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terkait