Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Dana untuk Rohingya Digalang

Penggalangan dana untuk Rohingya.

Bima, Bimakini.-  Umat Islam di Bima menggalang dana untuk Muslim Rohingya Myanmar. Kamis siang, Forum Umat Islam (FUI) Kabupaten Bima dan     Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Cabang Bima menggelar aksi solidaritas dan menggalang dana bantuan.

Mereka prihatin terhadap kondisi Muslim di Rohingya Myanmar yang kini menghadapi kekejaman pemerintahan setempat. Penggalangan dana oleh FUI dilakukan di Kecamatan Woha, Kamis (07/09).
Anggota FUI yang terdiri dari kelompok Jad’an Naba, Taawun, Wahdah Islamiyah, Forum Medan, Brigade Masjid, Hidayatullah,  YBS Yubuyussalam, HMI, RMI, dan LDK ini menggalang dana mulai pukul 08.00 WITA.
Aksi dimulai dari kantor Kecamatan Woha, pertigaan Telkom Desa Tente, Terminal dan Pasar Tente, pertigaan depan  rumah Wakil Bupati Bima. Selain itu, persimpangan Talabiu dan persiapan Kantor Pemkab  Bima.
Perwakilan FUI Kabupaten Bima, Syafril, mengharapkan bantuan  umat Islam  di Kecamatan Woha, untuk membantu saudarnya  di Rohingya yang saat ini ditindas oleh aparat Myanmar.
“Muslim Rohingya membutuhkan bantuan kita sesama Muslim, agar mereka merasakan kebahagiaan. Senyum mereka adalah senyum kita. Bantuan yang akan dikumpulkan ini untuk diberikan kepada mereka. Mereka kedinginan tidak ada tempat teduh dan makan minum seperti kita,”  ujarnya.
Dia menilai, apa dilakukan tentara Myanmar merupakan  perbuatan keji, ekspresi tindakan iblis berwujud manusia. Bantuan ini akan sangat berarti bagi mereka. Perkampungan mereka dibakar, lalu berlari menuju perbatasan Bangladhes. “Perempuan diperkosa, anak-anak dipenggal tanpa mengenal bayi maupun yang jompo,” gambarnya.
Kata dia, umat Muslim Kabupaten Bima mengutuk keras tindakan pemerintah Myanmar saat ini. “Derita Myanmar saat ini bisa kita saksikan di televisi, FB, Instagram maupun berita lainnya,” paparnya.
Diingatkannya, Muslim itu satu, cuma  dibatasi oleh laut dan daratan. Peristiwa di Rohingya adalah  kejahatan kemanusiaan. “Pembantaian yang dilakukan oleh aparat Myanmar hari ini telah mencabut nyawa ribuan warga Rohingya,” bebernya.
Di tempat berbeda, penggalangan dana oleh  IMM Cabang Bima dilakukan pada sejumlah lokasi di Kota Bima, Kamis (07/09).
Para aktivis itu menggalang dana di persimpangan Kelurahan Paruga. Selain itu, di kompleks pasar dan  pertokoan.
Ketua Umum IMM Cabang Bima, Ahmad Imam Hambali, mengatakan aksi penggalangan dana untuk saudara Muslim di Rohingya itu  sebagai gerakan kemanusian dengan sasaran para pengguna  jalan. “Baru kali ini dan rencana akan diselenggarakan serentak   seluruh Indonesia, namun masih dalam koordinasi,” katanya.
IMM  bereaksi karena pertimbangan warga Rohingya adalah sesama Muslim dan  dasar ikatan perjuangan IMM. “Termasuk di dalamnya masalah kemanusiaan dan pagi ini kita melaksanakan program kemanusiaan,” terangnya.
Pada saatnya nanti dana yang terkumpul dari aksi itu dikumpulkan pada satu titik melalui bank dan akan disalurkan kepada Muslim  Rohingya. (BK34/BK39)

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Puluhan wanita muslim yang tergabung dalam Gerakan Sahabat Muslin Rohingya menggelar aksi solidaritas, Kamis (7/9/2017). Aksi itu dilakukan di depan DPRD...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Massa yang mengatasnamakan Persatuan Umat Muslim Bima Untuk Rohingnya (Pumbur) menggelar aksi di Cabang Donggo, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, Senin (4/9/2017). Mereka...