Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Festival Moyo Bangkitkan Budaya dan Ekonomi Kerakyatan

Wagub NTB, HM Amin saat membuka Festival Moyo 2017.

Sumbawa, Bimakini.- Sejak diluncurkan Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, 18 Agustus 2017 lalu, Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Pariwisata telah menggelar berbagai event yang masuk dalam agenda Bulan Pesona Lombok Sumbawa 2017. Salah satu dari 28 acara utama dan 39 rangkaian acaranya adalah Festival Moyo, yang digelar di Halaman Kantor Bupati Sumbawa, Minggu malam, (10/09/17).

Festival Moyo tahun ini terlihat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya dilaksanakan siang hari dan terkesan seremonial, maka tahun ini kegiatannya dilaksankan pada malam, terkesan santai, romantic, syahdu dan penuh kemeriahan. Apalagi ditampilkan pertunjukan tarian budaya dari suku Sasak, Samawa dan Mbojo, yang menjadikan acara ini meriah dan menghibur seluruh tamu dan masyarakat yang turut menyaksikan agenda tahunan tersebut. Kegiatan tersebut berlangsung sebulan penuh, dari 10 September hingga 8 Oktober 2017 mendatang.

Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin SH, MSi saat membuka acara tersebut menegaskan, kegiatan semacam ini harus mampu dimanfaatkan sebagai ajang untuk membangkitkan seni budaya dan ekonomi kreatif dalam mendukung pembangunan sektor pariwisata. Karena sektor ini telah nyata bisa mendongkrak peningkatan ekonomi masyarakat, dengan Multiflier effacts yang berdampak besar bagi tumbuhknya sektor-sektor lain.

Pemerintah Provinsi, menurut Wagub kelahiran Sumbawa itu, memiliki komitmen yang tinggi untuk memajukan pariwisata. Terlebih, pembangunan infrastruktur dasar seperti air, listrik, jalan, fasilitas keamanan daerah, lembaga pelaku wisata terus dilakukan dan ditata dengan baik. Jika ini sudah disiapkan maka secara otomatis pengembangan pariwiata di NTB, khususnya di Pulau Sumbawa akan berjalan semakin maju.

Di sisi lain, Wagub juga menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi terus mengembangkan pembangunan Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa secara proporsional sesuai dengan potensi dan sumber daya yang tersedia. Ia memastikan tidak ada disparitas perlakuan antara Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Hanya saja kedua pulau besar tersebut memiliki luas wilayah dan jumlah penduduk yang berbeda. “Marilah kita memberikan pengabdian terbaik baik kita. Mulai kepala daerah sampai kepala desa harus bersatu, menyatukan tekad, semangat dan tujuan untuk membangun daerah kita tercinta,” Ajak Wagub.
B

Iklan. Geser untuk terus membaca.

upati Sumbawa, H. HusniI Jibril dalam sambutanya nampak sangat gembira dengan terselenggaranya acara pembukaan festival Pesona Moyo yang berlangsung sangat meriah. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi yang telah mendukung dan menginisiasi kegiatan tersebut. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB yang telah bekerja keras menata dan menyusun acara ini sedemikian meriahnya. Sehingga dapat terlaksana dan masuk sebagai kalender event pariwisata NTB.

Husni Jibril meminta kepada Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB, H. Muhammad Lalu Fauzal, MSi untuk memperhatikan potensi pariwisata yang dimiliki Sumbawa saat ini. Sehingga, target nasional untuk kunjungan wisatawan sebesar 3,5 juta di NTB bisa tercapai.

Dia menjelaskan di Sumbawa pendapatan dari satu hotel berbintang bisa mencapai 3 miliar pertahun, apalagi kalo banyak hotel.

“Mari segera kita tuntaskan grand design induk pariwisata. Jika langkah-langkah ini bisa kita implementasikan maka mimpi pariwisata Sumbawa maju akan terwujud,” Pungkasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sekretasis Daerah Sumbawa, Drs. H. Rasydi, selaku ketua panitia melaporkan Festival Pesona Moyo sudah diselenggarakan sebanyak 6 kali sejak tahun 2012. Dan tahun 2017 ini, penitia mengangkat tema “Pengembangan Pariwisata, Ekonomi Kreatif Dan Investasi”. Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk menggerakkan pembangunan dan UMKM sebagai basis pengembangan ekonomi masyarkat. Juga, memperkenalkan pesona keindahan alam, budya dan kuliner guna mendungkung peningkatan kunjungan wisatawan khusunya di Pulau Sumbawa. (BK37)

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait