Pemerintahan

Wali Kota Resmikan Rumah Panggung Percontohan Mitigasi Struktural Partisipatif

HM Qurais H Abidin

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima, H M Qurais H Abidin, meresmikan rumah panggung percontohan Program Mitigasi Struktural Partisipatif di Kelurahan Dara Kecamatan Rasanae Barat, Selasa (23/1).

Acara peresmian ditandai pengguntingan pita oleh Wali Kota Bima dan penanaman pohon di halaman rumah panggung percontohan.

Hadir Direktur Pengurangan Risiko Bencana (PRB) BNPB, Lilik Kurniawan, ST, MSi, Plt Sekda, sejumlah pimpinan OPD, Direktur BUMN dan BUMD, Camat Rasanae Barat, sejumlah Lurah, tokoh masyarakat serta Tim TSBK Kecamatan Rasanae Barat.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bima, Ir Sarafuddin, MM, dalam laporannya, mengatakan pembangunan rumah panggung Program Mitigasi Struktural Partisipatif dalam rangka peningkatan kapasitas daerah pada bidang pengurangan risiko bencana atas kerjasama BNPB dan BPBD Kota Bima melibatkan masyarakat dan pemangku kepentingan terkait.

“Tujuan program ini memberikan model kepada masyarakat tentang bangunan adaptif bencana banjir dan gempa. Selain itu, sebagai salahsatu alternatif tempat pengungsian dan penyelamatan sementara saat banjir,” paparnya.

Direktur PRB BNPB, Lilik Kurniawan, ST, MSi, dalam sambutannya, mengapresiasi Pemerintah Kota Bima yang telah membangun rumah panggung percontohan mitigasi bencana.

Dia berharap rumah panggung percontohan mitigasi ini dapat mengurangi risiko bencana di daerah rawan banjir karena rumah percontohan ini akan dilengkapi sistim peringatan dini bencana.

Selain bantuan rumah panggung percontohan mitigasi ini, katanya, BNPB akan memfasilitasi program sekolah sungai sebagai upaya meningkatkan kualitas masyarakat Kota Bima terhadap pengurangan risiko bencana.

“Tahun depan kita akan fasilitasi sekolah sungai. Mohon dukungan seluruh masyarakat,” tuturnya.

Wali Kota Bima, H M Qurais, mengucapkan terimakasih adanya perhatian BNPB membantu penanggulangan bencana banjir bandang akhir tahun 2016 lalu.

“Salahsatu kebijakan pemerintah melaksanakan strategi pengurangan risiko bencana di Indonesia adalah kegiatan mitigasi struktural partisipatif masyarakat,” kata Wali Kota.

Dia berharap, keberadaan rumah panggung ini bisa difungsikan dengan baik dan menjadi awal dari rumah-rumah mitigasi berikutnya di Kota Bima.

Usai acara peresmian, Direktur PRB BNPB menyerahkan bantuan alat kerja kepada Tim TSBK Kecamatan Rasanae Barat. (DED)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 36
    Shares
To Top