Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Pj Wali Kota Bima Ajak Masyarakat Tanam Pohon di Lingkungan Masjid Al Muwahiddin

Pj Wali Kota Bima, H Mohammad Rum saat menanam pohon di lingkungan Masjid Al Muwahiddin Bima, Selasa.

Kota Bima, Bimakini.- Pj. Wali Kota Bima, H Mohammad Rum mengajak para jamaah berjamaah Masjid Raya Al Muwahiddin, Selasa, 9 Januari 2024, bergotong royong dalam gerakan penanaman pohon di dalam komplek masjid. Turut hadir mendampingi Pj. Wali Kota Bima dalam kegiatan ini antara lain Kaban Kesbangpol Kota Bima dan Kabag Kesra Setda Kota Bima.

Pj Wali Kota Bima menekankan pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan dan mendukung program pemerintah untuk meningkatkan ketersediaan buah lokal. Pada momen penanaman tersebut sengaja di pilih varietas tanaman kurma sebagai salah satu jenis pohon penyangga lingkungan yang cocok dengan iklim lokal Kota Bima. Disamping itu keberadaan pohon kurma di area masjid juga akan membawa manfaat konsumtif sekaligus ekonomis bagi keberlangsungan upaya memakmurkan masjid.

Acara ini menjadi momentum bersama untuk menciptakan lingkungan yang hijau, memberikan manfaat ekologis, dan meningkatkan keberkahan di komplek Masjid Raya Al Muwahiddin.

Rum menjelaskan bahwa keberadaan pohon buah di sekitar masjid dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam upaya memakmurkan masjid. Pertama, pohon buah dapat menjadi sumber pendapatan tambahan melalui penjualan hasil panennya. Pendapatan ini dapat digunakan untuk pemeliharaan masjid, pembangunan, atau program sosial di masyarakat.

Selain itu, menurut Abi Rum, kehadiran pohon buah mendukung keberlanjutan lingkungan sekitar masjid. Pohon-pohon ini membantu menjaga keseimbangan ekosistem, mengurangi polusi udara, dan memberikan nuansa hijau yang menenangkan. Hal ini dapat menciptakan lingkungan yang nyaman dan damai, mendukung suasana yang kondusif untuk ibadah dan kegiatan keagamaan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Selain manfaat ekonomi dan lingkungan, pohon buah juga dapat menjadi sarana edukasi dan pemberdayaan masyarakat. Melalui pelatihan tentang pertanian khususnya pembudidayaan tanaman buah, masjid dapat memberdayakan umatnya untuk mengelola pohon-pohon buah ini dengan baik, meningkatkan pengetahuan mereka tentang pertanian dan budidaya pohon buah sehingga dapat bermanfaat dalam mendukung ekonomi keluarga dan umat,” tegasnya.

“Dengan demikian, keberadaan pohon buah tidak hanya memberikan manfaat praktis, tetapi juga mendukung nilai-nilai keagamaan, keberlanjutan ekonomi umat, dan kesejahteraan masyarakat, yang semuanya akan bermuara pada upaya memakmurkan masjid dan umat,” ujar Rum.

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Opini

Oleh : Munir Husen Dosen Universitas Muhammadiyah Bima   Pembangunan Masjid Agung Al Muwahidin awalnya inisiatif mantan Bupati Bima Drs. H. Zainul Arifin (Abu...