Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Belum Buka Pendaftaran, Empat Figur Mulai Lirik Partai Golkar, Ada Nama Pj Wali Kota Bima

Tiswan Suryaningrat

Kota Bima, Bimakini.- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Kota Bima saat ini belum membuka pendaftaran Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima. Namun sejumlah figur mulai menjalin komunikasi dengan pengurus.

Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Bima, Tiswan Suryaningrat membenarkan adanya sejumlah figur yang telah membangun komunikasi. Dicatatanya ada empat nama yang mulai melakukan penjajakan.

“Empat nama itu ada HMS (H Muhamamd Syafruddin, Red), PAN DPR RI, H A Rahman, Feri Sofiyan dan Pak Rum, Pj Wali Kota Bima,” sebutnya melalui sambungan telpon, Kamis 2 Mei 2024.

Kata Tiswan, diperkirakan dalam waktu dekat akan dilakukan pendaftaran terbuka. “Kamungkinan kami akan menjadwalkan tanggal 7 atau 8 rapat internal untuk pembentukan panitia pendafaran,” ujarnya.

Tiga hari setelah rapat tersebut, kata dia, akan mulai dibuka pendaftaran bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima. “Kami membuka pendaftaran untuk calon wali Kota dan Wakil Wali Kota, ini teruka untuk umum, baik kader, non kader. Baik politisi maupun birokrasi, pengusaha, tokoh masyarakat, tokoh agama, silahkan mendaftarkan diri,” ajaknya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dijelaskannya, sifat terbuka untuk pendaftaran ini, membuka ruang bagi siapapun untuk menjadi calon, tidak hanya dari kader Golkar. Meskipun, Golkar sendiri memiliki kader potensial untuk diusung, yakni Ketua DPD Golkar Kota Bima, Alfian Indrawirawan, namun membutuhkan figur pasangan untuk menang.

“Golkar memang bisa mengusung sendiri pasangan, namun kami juga harus melihat figur lainnya. Ini kan pasangan, maka akan dilihat siapa yang akan menjadi pendamping melalui Golkar dan berpeluang menang,” ungkapnya.

Bisa saja, kata Tiswan, kader Golkar tidak menjadi Calon Wali Kota Bima, namun menjadi Calon Wakil Wali Kota. Atau sebaliknya, asalkan peluang pasangan tersebut potensial memang.

Dijelaskannya , tahapan pertama yang akan dilakukan para figur tersebut, kata dia, penjaringan, selanjutnya dilakukan survey sebanyak tiga kali. Dari nama-nama yang mendaftar dan hasil survey akan dibawa ke DPD 1 dan DPP.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Lantas DPP yang akan menetapkan pasangan calon berdasarkan hasil surveynya,” ujarnya.

 

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Sejumlah figur mulai mengambil formulir dan mendaftarkan diri Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kota Bima, untuk Calon Wali Kota dan...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Kota Bima membuka pendaftaran penjaringan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Pernyataan Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari bahwa Calon Anggota Legislatif yang terpilih pada Pemilu 2024, tidak harus mundur, akan mengubah dinamika...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Calon Anggota Legislatif yang terpilih pada Pemilu 2024, tidak harus mundur. Pengunduran diri hanya untuk mereka yang saat ini menjadi anggota...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Politisi Partai Demokrat H A Rahman H Abidin membidik Partai NasDem sebagai kendaraan politik. Ketua Fraksi Demokrat DPRD NTB ini mengembalikan...