Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

PKK NTB Ajak Ibu-ibu Manfaatkan Sosmed Secara Positif

Hj Erica

Mataram, Bimakini.- Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTB, Hj. Erica Zainul Majdi, mengajak segenap jajaran PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota se NTB ikut memanfaatkan sosial media (sosmed) untuk kepentingan yang positif. “Gunakan sosmed untuk menggali ilmu mengenai apa yang ibu-ibu akan buat, apa yang bisa ibu-ibu kreasikan untuk dapat menambah pendapatan keluarga,”imbau istri Gubernur NTB tersebut, saat memberikan pengarahan pada acara Bimbingan Tekhnis Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Bagi Pengelola dan Pengurus TP PKK kab/kota se NTB, di aula PKK NTB, Selasa (12/9/2017).

Menurutnya, perkembangan media sosial saat ini yang hampir dimiliki setiap orang, seperti twitter, facebook, instagram dan media sosial lainnya harus diarahkan kepada hal-hal yang produktif. Misalnya, untuk menggali pengetahuan, sebagai media promosi, serta hal-hal yang dapat menambah pendapatan keluarga.
Sosmed saat ini, kata Hj. Erica juga sangat membantu masyarakat, khususnya para ibu sebagai media mempromosikan barang atau produk yang hendak dijual. Terlebih lagi, prospek penjualan melalui media online saat ini dinilainya sangat bagus. Bahkan jumlah transaksi melalui online semakin tinggi dan diminati dan mampu mengalahkan transaksi langsung

Kepada seluruh peserta Bimtek, Hj. Erica berpesan agar ilmu yang diperoleh dalam bimtek tersebut dapat dibagi kepada rekan-rekan yang lain. Sehingga dengan ilmu tersebut, maka akan semakin banyak perempuan di NTB yang memiliki pengetahuan bagaimana meningkatkan pendapatan keluarga. “Ilmu tentang apa yang sebaiknya diproduksi, kecermatan membaca peluang usaha, bagaimana memasarkan produk, termasuk manajemen administrasinya,” jelasnya.

Selain mempu memanfaatkan media sosial, para ibu menurut Hj. Erica, harus pandai mengambil peran manajerial dalam rumah tangga. Ia memberi contoh kecil, kebiasaan yang seringkali terjadi kepada para ibu adalah lupa mencatat pengeluaran di setiap bulannya. Mencatat pengeluaran itu diperlukan untuk menghindari pengeluaran yang tidak terduga yang pada akhirnya menimbulkan kebingunan bagi para ibu.

Karena itu, Hj. Erica yang juga Ketua Dekranasda NTB berbagi tips kepada para ibu yang hadir tentang bagaimana mengelola keuangan dengan baik. Menurutnya, sebelum menggunakan uang, bahkan sebelum mendapat uang, sebaiknya para ibu sudah menyusun perencanaan akan dialokasikan kemana uang tersebut. Termasuk di dalamnya harus ada pos anggaran yang dialokasikan untuk tabungan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Itu baru untuk urusan rumah tangga. Berbeda lagi dalam hal pengelolaan untuk bisnis atau usaha, tentu tidak sesederhana itu. Dibutuhkan manajemen yang baik,” ungkapnya.
Dalam berbisnis, menurutnya dibutuhkan ketelitian untuk menghitung modal dan kebutuhan usaha yang direncanakan. Termasuk juga, mampu menominalkan berapa jumlah gaji untuk diri sendiri, sebagai bentuk kompensasi untuk waktu mendidik anak yang berkurang, waktu istirahat, waktu sosialisasi yang berkurang akibat usaha tersebut. “Karena waktu tidak dapat diulang dan diganti,” jelasnya.
Hal itu sangat penting untuk diperhatikan oleh para ibu yang akan menekuni dunia usaha. Ibu-ibu, lanjut Erica dituntut pandai mengatur strategi, bagaimana agar bisa meningkatkan pendapatan dalam rumah tangga, tanpa membuang waktu mengasuh putra-putri tercinta di rumah.

Kegiatan bimbingan teknis tersebut diselenggarakan oleh TP PKK Provinsi NTB. Kegiatan yang diharapkan mampu menjawab tantangan perempuan untuk meningkatkan pendapatan keluarga dihadiri oleh kader PKK kabupaten/kota se NTB. (BK37)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Mataram, Bimakini.- Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Provinsi NTB menggelar pertemuan kemitraan strategis dengan badan usaha dalam penyelenggaraan pembangunan kesejahteraan sosial di Provinsi NTB,...

NTB

Mataram, Bimakini.- Ancaman Covid-19 masih dirasakan hampir di seluruh belahan dunia, khususnya Indonesia. Bahkan sejumlah daerah terus mengalami penambahan kasus baru setiap harinya. Untuk...

NTB

Mataram, Bimakini.- Ketua Dekranasda NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, melakukan sosialisasi penggunaan masker kepada pengrajin dan beberapa organisasi wanita, di aula lantai III...

NTB

Mataram, Bimakini.- Di tengah pandemi Covid-19, semangat masyarakat dalam berusaha harus tetap dijaga dan dirawat agar tetap produktif. Salah satu sektor yang sangat diharapkan...

NTB

Kota Bima,  Bimakini.- Menindaklanjuti program dari Mendagri dalam program Gerakan Bersama Pakai Masker (Gebrak Masker) sekaligus mengkampanyekan perilaku nurut tatanan baru pada masa pandemi...