Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Pos Kamling Lingkungan Mustakim Dinilai Polda

ilustrasi

ilustrasi

Kota Bima, Bimakini.- Tim Mapolda NTB Senin (03/10/2016) malam mendatangi Lingkungan Mustakim RT 01/RW 01 Kelurahan Rabangodu Selatan Kecamatan Raba Kota Bima. Mereka menilai  Pos Kamling lingkungan setempat mewakili Kota Bima dalam  tingkat NTB.

Saat itu hadir  tokoh masyarakat setempat, warga dan pengurus pos kamling beserta tokoh pemuda.

Mewakili warga dan tokoh masyarakat, H Ridwan Mustakim, menyampaikan profil Lingkungan Mustakim. Pos itu dirikan sejak tahun 1986 dan hingga sekarang masih aktif  untuk menjaga keamanan lingkungan.

Disampaikan pula sedikit sejarah profil wilayah, selama ini selalu aman dan terib dalam bingkai kehidupan bermsyarakat dan beragama. Warga  tetap menjaga kerukunan hidup beragama dengan agama lainnya. Sejak berdiri sampai saat ini Lingkungan Mustakim ramah dan aman. Walaupun ada sedikit masalah, namun tetap dapat diselesaikan secara kekeluargaan.

Ketua tim penilai dari Polda NTB, Wadir Binmas AKBP Widiatmoko, SIK, mengutaraan Pos Kamling Lingkungan Mustakim akan dinilai oleh tim  Polda secara langsung. Lomba  ini tujuan bagaimana kembali menggiatkan kesadaran masyarakat  NTB  terhadap penegakan hukum dan keamanan wilayah dari tingkat bawah. Secara tidak langsung sudah bersama masyarakat saling menjaga keamanan wilayah bersama aparat keamanan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Melalui penggalakan pos kamling kita  bisa memantau berbagai kejahatan sejak dini dari masyarakat,  dengan demikian akan cepat langsung ditangani aparat keamanan. Apapun potensi kejahatan yang akan terjadi selalucepat dan sigap ditangggulangi,” katanya.

Untuk  memaksimalkan potensi keberadaan Pos Kamling ini, Polisi sejak dulu juga menempatkan anggota Babinkamtibmas dibantu Babinsa TNI. Keberadaan Babinkamtibmas ini masyarakat dapat melaporkan apapun situasi wilayah  agar dapat ditindaklanjuti.

Seperti saat ini menjadi masalah besar negara ini, yaitu peredaran Narkoba, terorisme maupun kejahatan lainnya. Aktivitas Pos Kamling  akan lebih cepat terpantau,  bersama masyarakat dan aparat keamanan dapat cepat ditanggulangi.

Usai  sambutan, tim Polda menilai Pos Kamling dari berbagai sudut pandang. Mulai dari kondisi fisik  sampai fasilitas pendukung, serta beberapa tim lain mewawancarai warga setempat.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Pada akhir penilaian  ada  simulasi pemukulan kentongan sebagai penanda munculnya kejadian. (BK32)

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Untik mempererat hubungan antara Polri dan masyarakat serta memastikan kenyamanan tempat ibadah, Polres Bima Kota beserta Polsek jajaran menggelar kegiatan bakti...

Peristiwa

Matram, Bimakini.- Keluhan terhadap Permen Kelautan dan Perikanan (KP) No 7 Tahun 2024 ternyata tidak hanya oleh DPD HNSI NTB. Tapi hampir seluruh stakeholder...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Tim Opsnal Polsek Rasanae Barat (Rasbar) Polres Bima Kota kembali berhasil menggagalkan upaya peredaran minuman keras (Miras) di wilayah hukumnya. Kali...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Pemindahan tempat penahanan dari rumah tahanan Polres Dompu ke rumah tahanan Polda NTB terhadap 5 (lima) aktivis HMI yang melakukan pengerusakan...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Aktivis HMI dan KAHMI Kabupaten Dompu akan melakukan aksi unjuk rasa setiap hari selama 1 (satu) bulan penuh. Hal itu sesuai...