Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Insiden Siswi Tenggelam tidak Terekam CCTV Arema

Petugas Kolam Renang Arema saat menunjukkan lokasi tenggelamnya bocah SD.

Petugas Kolam Renang Arema saat menunjukkan lokasi tenggelamnya Naisya Astriani (8), siswa kelas 3 SDN 14 Kota Bima.

Kota Bima, Bimakini.- Kematian Naisya Astriani (8), bocah kelas 3 SDN 14 Kota Bima, tidak terekam kamera Closed-Circuit Television (CCTV) yang terpasang di sekitar kolam pemandian Arema. Pengelola pemandian mengakui peristiwa itu diluar pengetahuan tugas pengawas  lapangan.

Pegelola pemandian Arema, Harun Zakaria, yang dikonfirmasi mengaku tidak ada yang mengetahui persis seperti apa  kejadian itu. Begitu pun  kamera pengawas yang terpasang. Ada 8 CCTV terpasang pada  seluruh areal pemandian, namun yang mengarah ke lokasi korban tewas memang sedikit terhalang sehingga setelah diperiksa rekamannya tidak tampak. Oleh karena itu, tidak terlihat   bagaimana sebenarnya korban bisa tenggelam di kolam dewasa dengan kedalamannya 1,5 meter itu.

Diakuinya, rekaman CCTV sudah diserahkan  kepada pihak Kepolisian yang mengolah tempat kejadian. Saat ditemukan oleh petugas pemandian, korban sudah berada di dasar kolam. Saat itu korban ditemukan tidak jauh dari pemandian anak-anak. Petugas awalnya sedang menyapu tidak jauh dari lokasi pemandian, kemudian saat mendengar pluit dari guru sebagai tanda kegiatan selesai, petugas  bernama Eki langsung memeriksa  sekitar kolam.

Dibeberkannya, saat diperiksa ternyata ada orang yang masih berada dalam kolam. Saat itu petugas sempat menanyakan pada guru yang  tidak jauh dari lokasi bahwa masih ada siswa di dalam kolam. Tetapi waktunya, di dalam air kok begitu lama.

“Sempat ditanya pada guru kok siswanya kuat sekali menyelam sampai tidak naik ke atas permukaan. Curiga ada tidak wajar, akhirnya saat itu petugas langsung terjun dan mengangkat korban,” ujar Harun di pemandian Arema.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Saat itu diberikan pertolongan pertama oleh petugas sampai kemudian diberikan nafas bantuan, tetapi tidak ada tanda-tanda bernafas. Akhirnya dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Bima  oleh guru-guru.

Diceritakannya, waktu kejadian ditemukannya korban sekitar pukul 16.00 WITA. Diperkirakan korban tenggelam tidak lama sebelum kegiatan berenang selesai. Hal  ini dipastikan dengan kondisi tubuh korban masih di dasar kolam.

Mengenai  petugas yang berjaga saat kejadian, diakui Harun, memang hanya dua orang dari enam orang yang biasa mengawasi. Karena yang mandi hari biasa sedikit, makanya hanya dua orang.

Saat dilihat lokasi kejadian, katanya, memang antara pemandian dewasa dan anak-anak dalam satu lokasi kolam ada pembatas, namun tidak terlalu tinggi. Kemudian setelah kejadian itu, langsung membuat pembatas dari besi antara kedua kolam.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dikatakannya,  hal itu untuk menghindari terulang kejadian yang sama  ke depan. Evaluasi SOP pengawasan akan dilakukan terhadap anak-anak yang berenang antara kolam dewasa dan anak-anak.

Mengenai permintaan legislator untuk menutup sementara lokasi pemandian Arena,  Harun meminta  agar ditinjau. Masalahnya banyak karyawan yang menggantungkan hidup dari jasa pemandian. “Bagaimana bisa bayar gaji karyawan kalau pemandian ditutup,” demikian Harun. (BK32)

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Seorang Pegawai Kontrak Provinsi NTB di UPT PU Pengairan Kecamatan Monta, Subhan, tewas karena tergelincir, Sabtu 1 April 2023. Saat itu korban...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Warga Dusun Lakaba Desa Rasabou, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, Dimas M Saleh (12) tewas tenggelam di sungai. Siswa kelas 6 SDN Inpres...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Personel Polsek Parado Polres Bima dan Tim SAR, berhasil menemukan korban yang terseret arus di Pantai Lere Desa Lere Kecamatan Parado Kabupaten...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sosok mayat seorang lelaki ditemukan di Desa Lambu, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Selasa (17/5/2022) sore. Mayat dengan identitas Mansyur, 18 tahun, ditemukan...

Peristiwa

Lombok Barat, Bimakini.- Seorang anak dilaporkan hilang di Pantai Kerandangan I, Desa Senggigi, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat ditemukan. Bocah perempuan yang yang masih...