Connect with us

Ketik yang Anda cari

Berita

Komunitas Pramuka Tabur Bunga di Perairan Asakota

Suasana tabur bunga di di perairan Benteng Asakota, Kamis.

Suasana tabur bunga di di perairan Benteng Asakota, Kamis.

Bima, Bimakini.- Komunitas Pramuka Peduli menabur bunga di perairan Benteng Asakota pada upacara peringatan hari pahlawan ke-71. Koordinator Pramuka Peduli, Arief Rachman,  menjadi  inspektur upacara, sementara komandan upacaranya, Agus Supriyadi.

Upacara tabur bunga  diikuti adik-adik Komunitas Pramuka Peduli dari Gugus Depan (Gudep) SMA Kae, Gudep Al-Khairiyah dan Gudep SMPN 1 Palibelo.

Upacara ditandai mengheningkan cipta dan pelarungan bunga ke laut Benteng Asakota oleh inspektur upacara, dilanjutkan  adik-adik Komunitas Pramuka Peduli.

Upacara ini merupakan momentum untuk memeringati perjuangan para pahlawan laut  yang gugur  demi membela dan menegakkan kedaulatan NKRI. Tema Hari Pahlawan yang digelar Komunitas Pramuka Peduli kali   ini adalah Hargai Jasa Para Pahlawan.

Selain itu,  malam hari  dilaksanakan  Pawai Gerak Api Obor Hargai Jasa Pahlawan  dan Renungan Malam di Taman Makam Pahlawan Palibelo.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Arief mengatakan, peringatan Hari Pahlawan  adalah bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan. Hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya, dapat menjadi bangsa yang besar.

Katanya,  bukan hanya pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, tetapi di Benteng Asakota ini pernah terjadi pertempuran hebat oleh para pejuang Dana Mbojo. Itu  merupakan peristiwa heroik, karena memerlukan pengorbanan  luar biasa.

Dikatakannya, peringatan Hari Pahlawan itu  untuk mengenang dan menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan,  menumbuhkankembangkan nilai kepahlawanan sebagai modal sosial. Kemudian mengimplementasikan dan mendayaguganakannya dalam mengatasi berbagai masalah bangsa seperti ketelantaran, ketunaan sosial, korban bencana dan masalah-masalah sosial lainnya. (BK32)

 

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait