Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Pencabutan Subsidi Listrik Tepat Sasaran Disosialisasikan

Sosialisasi PLN di aula BPMDes Kabupaten Bima.

Kota Bima, Bimakini.- Sosialisasi kebijakan Subsidi Listrik Tepat Sasaran dan Mekanisme Pengaduan dilakukanjajaran PT PLN (Persero) Area Bima, Selasa (24/01). Lokasinya di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bima. Kegiatan itu dihadiri ratusan Kepala Desa (Kades).
Saat itu hadir Manajer PT PLT (Persero) Area Bima, Jefry Husni, Sekda Kabupaten Bima, HM Taufik, Kepala DPMD, Sirajudin.
Dalam penyampaiannya, Jefry Husni mengatakan tujuan sosialisasi ini agar masyarakat mengetahui lebih luas kebijakan Pemerintah Pusat yang mencabut subsidi listrik khususnya daya 900 Volt Amper terhitung mulai 1 Januari 2017. Pascakebijakan pemerintah ini akan berdampak pada pelanggan dan banyak muncul pertanyaan.
Untuk itulah, kata dia, kepastian pencabutan subsidi listrik disosialisasi langsung pada jajaran Kades agar dapat disampaikan kepada masyarakat. Informasi melalui Kades akan lebih cepat sampai kepada masyarakat secara luas.
Disampaikan Jefry, dalam penarikan kebijakan subsidi listrik dilakukan Pemerintah Pusat, tidak berlaku untuk semua pelanggan 900 VA. Pihak yang akan dicabut subsidinya hanya bagi pelanggan yang berdaya 900 VA, masuk kategori ekonomi mampu. “Bagi yang tidak mampu subsidinya tidak akan dicabut alias tarifnya tidak naik,” katanya.
Untuk pelanggan yang tidak dicabut subsidinya itu, katanya, PT PLN bekerja sama dengan Kementerian ESDM dan Kemensos melalui data pada TMP2K, data tersebut mencakup warga tidak mampu itu akan dipakai oleh PLN untuk melihat kondisi ekonomi pelanggan listrik.
Namun, ujar dia, bila ada masyarakat atau pelanggan yang ternyata tidak mampu dan tidak terdata dalam data dipakai PLN disediakan tempat pengaduan. Tempat ini akan ditempatkan pada setiap desa atau kelurahan, ada formulir untuk diisi bagi pelanggan yang teryata tidak mampu, tetapi tidak terdata dalam data diolah.
Tatacara ini juga disosialisasikan. Pelanggan yang merasa tidak mampu dapat mengisi formulir tersedia di kantor Desa atau Kelurahan. Nanti akan diserahkan ke kantor kecamatan, kemudian disampaikan pada Posko induk baru kemudian akan diverifikasi oleh tim.
Dikatakannya, bila benar tidak mampu sesuai hasil survai, akan dimasukan dalam data pelanggan tidak mampu, kemudian tidak akan dicabut subsidi listriknya. Tujuan pemerintah sesuai UU 30/2009 poinnya dana subsidi itu hanya bagi kelompok masyarakat yang benar-benar tidak mampu.
Berdasarkan alasan itu, ujarnya, kemudian pemerintah membuat kebijakan mencabut subsidi listrik untuk daya 900 VA, khusus bagi yang ekonomi mampu dan industri.
Untuk pelanggan dengan daya 900 VA tidak mampu tidak dicabut, termasuk industri kecil, UMKM, rumah ibadah, dan sosial.
Usai pembukaan, selanjutnya jajaran PLN Bima menjelaskan secara mendetail kenaikan atau penarikan subsidi listrik diberlakukan oleh pemerintah. (BK32)

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Tepat saat perayaan HUT ke-77 RI, 17 Agustus 2022, PLN berhasil melakukan energize dan pengoperasian secara penuh jalur saluran udara tegangan tinggi...

Ekonomi

Jakarta, Bimakini.- PLN memastikan pendaftaran subsidi listrik bagi pelanggan rumah tangga daya 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA melalui situs web https://tokenpln.shop/index.php?app=PLN&data1ID=135 hoaks....

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Tagihan listrik di Kantor PDAM Kecamatan Bolo belum dibayar untuk November. Terkait hal itu, pihak PLN Cabang Bolo menyegel meteran, sekitar pukul...

NTB

Mataram, Bimakini.- Pemerintah Provinsi NTB menandatangani nota kesepahaman atau MoU dengan PLN tentang Penelitian dan Pengembangan Teknologi Sepeda Listrik Bima Electric Bicycle atau Matric-B,...

NTB

Mataram, Bimakini.- Pemprov NTB sangat serius dengan upaya-upaya pengolahan sampah menjadi bahan bakar substitusi batubara di PLTU Jeranjang, Lombok Barat. Untuk memperkuat kerjasama penelitian...