Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Kades Ndano Klaim Berdayakan Masyarakat, namun Ada ‘Prahara’…

Dok Humaspro: Suasana saat penyambutan tim Penilai Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bima di Desa Ndano Kecamatan Madapangga, Kamis.

Bima, Bimakini.- Pemberdayaan masyarakat  melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dilakukan Desa Ndano Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima. Bentuknya untuk pengadaan bibit jagung dan benih padi unggul untuk petani setempat.

Demikian pengakuan Kepala Desa (Kades) Ndano, Mulyadin HM Syukur,  di depan  tim Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bima, Kamis (30/03).

“Melalui ADD, saya berdayakan masyarakat,” katanya dikutip Kasubag Informasi dan pemberitaan Humaspro Setda Kabupaten Bima, Ruslan, SSos.

Katanya, melalui bantuan dana untuk pengadaan bibit jagung dan padi, masyarakat merasa sangat terbantu. Dalam penggunaan dan pengelolaan seluruh ADD, selalu mengedepankan asas musyawarah dengan tiga pilar pemerintahan desa. Yaitu pemerintahan desa, BPD, dan LPMD. Hal itu dilakukan agar tetap membudayakan musyawarah, semangat kebersamaan dan jiwa  kegotongroyongan dalam membangun desa ke arah yang lebih maju dan mandiri.

Menurutnya, posisi Desa Ndano yang memanjang dan berada di depan jalan lintas Bima-Sumbawa, sangat berpotensi tumbuh dan berkembangnya sektor ekonomi. Sebab sepanjang jalan lintas Bima-Sumbawa tersebut, masyarakat bisa membuka usaha seperti warung, kios, bengkel, ojek dan usaha jasa lainnya untuk peningkatan pendapatan ekonomi keluarga.

Desa Ndano  tergolong subur di wilayah Kecamatan Madapangga karena dekat dengan mataair Madapangga. Disamping itu, Ndano memiliki sarana dan prasarana memadai pada sektor pendidikan dan kesehatan.

Hanya saja, diakuinya, yang menjadi ‘prahara’ adalah masalah jaringan seluler belum memadai. “Soal jaringan saluler saja yang masih menjadi kendala dan menyelimuti kehidupan masyarakat saat ini,” ungkapnya.

Untuk itu, Kades mengimbau Pemerintah Kabupaten Bima, secepatnya membangun BTS Ponsel  agar  komunikasi lancar.  (BK29)

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati Bima H. Dahlan M Noer menyambut Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi NTB tahun 2023 yang Ketuai oleh...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-  Camat langgudu, Rijal Mukhlis, SE menggelar rapat koordinasi (Rakor) persiapan lomba desa, Kamis (19/3). Namun untuk menggelar kegiatan yang mengundang keramaian, perlu...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Desa Sondosia, Kecamatan Bolo ditunjuk untuk mewakili kecamatan dalam lomba desa tingkat Kabupaten Bima Tahun pada Maret Tahun 2020 mendatang. Terkait hal...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Hari ketiga Penilaian Lomba Desa dan Lomba posyandu terintegrasi tingkat Kabupaten Bima berlangsung Kamis (25/4) di Desa Kanca Kecamatan Parado dan desa...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Tim lomba desa tingkat Kabupaten Bima, akan hadir di Desa Nggembe, Kecamatan Bolo. Untuk menyambut tim penilai tersebut, dengan sisa waktu yang...