Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Dishub Jamin Keselamatan Penumpang Setiap Kendaraan

Kepala Dishub Drs Syafrudin saat bersama  Kabid Drs Azhari Rahman

Bima, Bimakini.- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bima merazia kendaraan di depan persiapan kantor Pemkab Bima, Kamis (6/4). Operasi bersama  Sat Lantas Polres Bima ini untuk mengingatkan kendaraan yang  tidak layak untuk angkutan barang maupun manusia. Hal itu dilakukan supaya keamanan dan kenyamanan penumpang terjaga.

Kepala Dishub  Kabupaten Bima, Drs Syafruddin, mengatakan  selain memeriksa surat kendaraan,  juga menegur kendaraan  yang tidak layak jalan demi keselamatan dan keamanan penumpang. “Karena tugas utama Dishub adalah menjamin keselamatan penumpang,” ujarnya di Woha.

Diakuinya, secara fisik banyak mobil yang tidak layak lagi mengangkut penumpang, namun kualitas mesin kendaraam dimaksud masih bagus. Kerusakan badan kendaraan kurang terawat, karena  pengusaha menurun  dari  segi pendapatan.

“Sekarang sudah banyak kendaraan pribadi, ojek dan kendaraan roda tiga mengatasnamakan bajaj, sehingga mengurangi porsi penumpang yang naik bus,” jelasnya.

Kata dia, keberadaan kendaraan roda tiga ini menambah pekerjaan Dishub karena  harus  mengawasi aktivitas mereka. “Keberadaan roda tiga ini menuai protes dari pengojek, bus, bemo maupun kusir benhur, Karena roda tiga belum masuk angkutan resmi,” katanya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dia mengakui, pekerjaan bidang Dishub sangat berat, karena akan berakhir fungsi pengawasannya apabila jalan raya sepi dari kendaraan. Dishub akan selalu mengawasi kendaraan barang maupun kendaraan penumpang.

“Keberadaan kendaraan online, tugas Dishub semakin kompleks,   memeriksa surat kendaraan maupun keamanan dan kenyamanan penumpang,” katanya.    Setiap melaksanakan operasi bersama  Sat Lantas, maka tugas petugas semakin bertambah. Masuknya kendaraan online tidak menimbulkan masalah seperti daerah lain. “Kami tetap belerja sesuai petunjuk, jadi bantu kami melalui cara mendukung program pemerintah,” harapnya. (BK34)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait