Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

207 Siswa SMAN 1 Wawo Lulus, Empat Gagal

Bima Bimakini.- Sebanyak 211 siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Wawo yang terdaftar pada Daftar Nominasi Tetap (DNT), dinyatakan lulus sebanyak 207. Empat siswa lainnya dinyatakan tidak lulus, karena selama proses Ujian Sekolah (US), Ujian Sekolah Bertaraf Nasional (USBN), dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) absen.

Wakil Kepala SMAN 1 Wawo, Abdul Munir, SPd, mengatakan empat siswa yang gagal itu, dua di antaranya telah menikah, dua lainnya sakit dan tidak mengikuti proses ujian sejak awal. Pengumuman kelulusan diumumkan pada masing-masing kantor desa tempat siswa berdomisili.

Mengapa ini dilakukan? Kata Munir, untuk menghindari terkonsentrasinya siswa melihat pengumuman. Sebelumnya, pihak sekolah telah mengumumkan kepada orang tua siswa bahwa pengumuman tidak dilakukan di sekolah seperti biasa, tetapi tahun ini di kantor Pemerintah Desa.

Melalui pola baru itu, katanya, diharapkan siswa tidak lagi merayakan kelulusan di sekolah. Apalagi, saat ini kepala SMAN 1 Wawo, HM Yakub, SPd sedang mengikuti Bimbingan Teknik (Bimtek) tentang Dana BOS di Mataram. Sebelumnya, OSIS bekerjasama dengan pihak sekolah telah menggelar wisuda siswa akhir bulan April lalu, sehingga sudah banya siswa keluar daerah menghadapi pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

“Jadi saat ini banyak siswa yang sedang mengikuti proses pendaftaran. Suasana hura-hura seperti kebiasaan tahun sebelumnya semakin berkurang,” katanya.

Dia berharap siswa yang lulus saat ini dapat menjaga nama baik sekolah (almamater), terutama ketika berada di luar daerah maupun masyarakat.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Pantauan Bimeks di sekitar lingkungan SMAN 1 Wawo, masih ada juga sebagaian siswa yang merayakan kelulusan meski belum diumumkan dengan foto bareng dengan guru dan teman. Selain itu, masih ada juga yang mencoret-coret baju seragam sekolah dengan menggunakan cat/piloks dan spidol.

Ada yang menggunakan kendaraan sepeda motor keliling jalan protokol Kecamatan Wawo. Meski jumlah mereka relatif sedikit dibandingkan tahun sebelumnya. (BK23)

 

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait