Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Bupati Serahkan Sepeda Motor Dinas pada 57 Kades

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj  Indah Dhamayanti Putri, menyerahkan  57 sepeda motor dinas kepada Kepala Desa (Kades) yang dilantik hasil Pilkades serentak beberapa waktu lalu.  Penyerahan itu dilakukan usai  upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2017 di lapangan persiapan kantor Pemkab  Bima, Kecamatan Woha, Selasa (02/04).

Pengadaan sepeda motor dinas itu bertujuan untuk optimalisasi pelaksanaan tugas Kades.

Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, mengatakan Kades  memiliki wewenang memimpin penyelenggaraan pemerintahan desa berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama BPD, mengajukan rancangan peraturan desa, menetapkan peraturan desa yang telah mendapat persetujuan bersama BPD.

“Saya serahkan sebanyak 57 sepeda motor dalam rangka optimalisasi pelaksanaan tugas dan menunjang kelancaran pelaksanaan tugas dinas Kepala Desa,” katanya.

Kata dia, tugas Kades  sangat berat dalam menyusun dan mengajukan Rancangan Peraturan Desa mengenai APBDesa, dibahas dan ditetapkan bersama BPD serta membina kehidupan masyarakat desa. “Kendaraan Dinas ini agar memudahkan koordinasi Kepala Desa melaksanakan wewenang sesuai dengan peraturan perundang-undangan,”  ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Begitu pula berkaitan   penggunaan dana desa dari APBN, dalam waktu tidak lama lagi  segera direalisasikan oleh Pemerintah Pusat. Oleh karena itu, Kades dminita segara menyelesaikan segala hal terkait dengan syarat pencairan dana tahun 2016 hingga dokumen perencanaan berupa RKPDesa dan APBDesa harus sudah dibuat dan ditetapkan. Kemudian  ditembuskan kepada Camat, DPMDes, dan Bupati.

“Saya mengharapkan Kepala Desa memanfaatkan motor ini untuk kepentingan dinas, kepentingan pembangunan sosial, dan kemasyarakatan,” harapnya.

Diingatkannya, APBDesa yang akan ditetapkan sebisa mungkin memiliki ciri-ciri berpihak pada pilihan kegiatan yang menunjukan upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi desa. Ada upaya menjawab persoalan pengangguran  desa. Upaya pemerataan pendapatan masyarakat desa da  upaya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia.

“Sepeda motor dinas  ini jangan sampai dipindahtangankan, apalagi untuk hal-hal yang tidak sepatutnya,” ingatnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Kata Bupati, Kades  merupakan perpanjangan tangan dari Bupati dalam mengelola dan melaksanakan tugas  di desa, sehingga tugas tersebut dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama program pembangunan desa.

“Sebagaimana diketahui bahwa ada motor dinas digunakan untuk Curanmor, ada juga motor dinas dibawa ke kafe-kafe,” sentilnya. (BK34)

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait