Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

‘Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas’

Kota Bima, Bimakini.- Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2017 tingkat Kota Bima dilaksanakan di halaman kantor Pemkot Bima, Selasa (02/05).  Wali Kota Bima, HM Qurais H  Abidin menjadi Inspektur Upacara. Tema kali ini adalah ‘Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas’.

Peserta upacara berasal dari unsur pegawai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemkot Bima,  pelajar, dan guru.

Perwira, komandan, dan pembaca teks pembukaan UUD 1945 berasal dari unsur pendidikan Kota Bima.  Paduan suara berasal dari SMPN 1 Kota Bima, diiringi permainan biola dan piano oleh Nova Ardiansyah  (SMPN 1 Kota Bima) dan Muhammad Firdaus  (MAN 2 Kota Bima).

Saat itu, Wali Kota Bima  membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. Disebutkannya,  penyediaan pendidikan berkualitas yang merata merupakan bagian dari ikhtiar mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Dasar 1945.

Saat itu juga diuraikan  visi pendidikan Indonesia, yaitu membentuk peserta didik yang memiliki karakter atau budi pekerti yang kuat serta menguasai berbagai bidang keterampilan hidup, vokasi yaitu keterampilan pada bidang terapan tertentu dan profesi abad 21.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersiap mereformasi pendidikan nasional pada tataran konseptual maupun manajerial. Sekarang tengah diupayakan penyelarasan, penyatuan dan pembauran bidang kebudayaan dan pendidikan.

Begitu juga dalam pemanfaatan sumber-sumber belajar di kelas, lingkungan sekolah, dan  luar sekolah. Hal itu agar proses pembelajaran tidak terkotak-kotak, tersekat-sekat dan tertutup, melainkan terbuka, luwes, dan leluasa.

Dikatakannya,  reformasi juga akan dilakukan dalam hal waktu belajar pada satuan pendidikan, pengorganisasian pelajaran dan kegiatan belajar, serta tugas, tanggung jawab dan peran guru dan tenaga kependidikan. Termasuk reformasi peran dan tugas Kepala Sekolah sebagai manajer sekolah, Komite Sekolah, dan Pengawas Sekolah.

Disampaikannya, reformasi pendidikan pada tataran aksi ditandai dengan gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Gerakan Literasi Nasional (GLN). Demikian pula revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kini sedang dilaksanakan. Perbaikan dan distribusi Kartu Indonesia Pintar terus dilakukan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Mendikbud mengarahkan agar berbagai program, kegiatan, dan sumberdaya di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta dinas pendidikan  di daerah, hendaklah difokuskan untuk mendukung gerakan reformasi pendidikan tersebut.

Upcara dihadiri Wakil Ketua DPRD Kota Bima Syahbuddin, Ketua Pengadilan Negeri  Bima, Dr Iman Prayitno Santosa, SH, MH, Dandim 1608/Bima Letkol (Czi) Yudil Hendro, Kapolres Bima Kota AKBP Ahmad Nurman Ismail, SIK, perwakilan Kantor Imigrasi, perwakilan BUMN dan BUMD, para tokoh agama.

Selain itu, Ketua PGRI Kota Bima Drs H Sudirman, MSi, para Pengawas Sekolah dan Dewan Pendidikan. Ada juga  perwakilan  TP PKK Kota Bima, GOW Kota Bima, dan DWP Kota Bima. (BK32)

 

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait