Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

DKP Siapkan Lomba Cipta Menu Tingkat Kecamatan

ilustrasi

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Bima saat ini sedang menyiapkan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA)  Tingkat Kecamatan. Tujuannya  agar lebih meningkatkan peran masyarakat terhadap sosialisasi pemanfaatan pangan lokal secara menyeluruh.

Kepala DKP melalui Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Laila, mengatakan setelah suskses sebelumnya menggelar lomba B2SA  tingkat Kota Bima,  tahun ini pun direncanakan  menggelar Lomba Cipta Menu pda setiap kecamatan. Lomba B2SA sudah direncanakan pada  setiap kecamatan agar terus meningkatkan partisipasi  langsung  masyarakat.

“Supaya lebih mengenal pengolahan dan pemanfaatan pangan lokal,” katanya di DKP.

Diakui Laila, rencana kegiatannya  dimulai bulan Juli 2017 dan  serentak pada masing-masing kecamatan. Hal  ini penting agar masyarakat secara cepat dan meluas mengenal bahwa bahan pangan lokal itu syarat dengan gizi bila maksimal diolah.

Kata Laila, menu lomba  bersumber dari pangam lokal setempat, seperti lomba B2SA tingkat Kota Bima. Harapannya bisa maksimal diikuti oleh perwakilan kelurahan masing-masing kecamatan. Tujuannya untuk mengenal  dan mengetahui, sekaligus memasyarakatkan pangan dan pengolahan pangan lokal yang belum diketahui dan dikonsumsi oleh masyarakat.

“Nanti ada tim yang nilai mulai dari rasa sampai gizinya, dalam acara sekaligus digelar acara sosialisasi B2SA,” terang Laila.

Awal rencana dihelat di Kelurahan Tanjung Kecamatan Rasanae Barat, nanti mengundang seluruh perwakilan kelurahan. Sebelumnya mereka sudah mengikuti pelatihan di tingkat provinsi soal cara pengolahan dan pemanfaatan menu lokal.

“Melalui lomba, sekaligus perwakilan masyarakat yang sudah ikuti pelatihan akan dilihat hasil yang dapat diimplementasikan dari pelatihan itu,” demikian Laila.  (BK32)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima,  Bimakini.- Kelurahan Manggemaci kembali menjuarai Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) tingkat Kota Bima tahun 2018. Lomba itu diselenggarakan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bima menggelar lomba kreasi masakan serba ikan di halaman Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Bima, Kamis (15/3)....

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kecamatan Sape meraih juara satu Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Kabupaten Bima. Kegiatan tesebut  diselenggarakan oleh Dinas...