Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Uma Lengge Warisan yang Perlu Dilestarikan!

FOTO DOK ALAN M: Mahasiswa UI bersama Asisten Administrasi Umum Setda, H Makruf, usai acara penerimaan.

Bima, Bimakini.- Bima kaya warisan seni arsitektur tradisional, seperti Uma Lengge, Uma Panggung, dan bangunan berbentuk Nggusu Waru. Kekayaan itu harus terus dilestarikan sehingga  terwariskan dari generasi ke generasi.

Demikian harapan  Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Bima, H  Makruf, SE,  saat menerima Tim Peneliti Uma Lengge dari Ikatan Mahasiswa Teknik Arsitektur Universitas Inonesia, Rabu (12/07/2017) di ruang Rapat Bupati Bima, seperti dikutip Kabag Humaspro, Armin Farid, SSos.

Dikatakannya, Uma Lengge memiliki keunikan dan perlu dijaga kelestariannya. Untuk itu, Pemkab Bima mengapresiasi  kepedulian dan perhatian dari mahasiswa UI yang menelitinya. “Mudah- mudahan hasil penelitian ini bermanfaat dalam rangka revitalisasi Uma Lengge maupun promosi budaya Bima di tingkat nasional,” harapnya.

Tim Eksursi Uma Lengge akan meneliti selama satu bulan pada tiga lokasi. Yaitu di Desa Mbawa Kecamatan Donggo, Desa Maria Utara Kecamatan Wawo dan Desa Sambori Kecamatan Lambitu. Sebelum kedatangan tim  berjumlah 26 orang, diawali  kedatangan Tim Advance yang menyurvai awal dan berkoordinasi dengan jajaran Pemkab  Bima, Camat, Kepala Desa dan Komunitas Majelis Kebudayaan Mbojo. (BK29)

 

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait