Connect with us

Hi, what are you looking for?

Peristiwa

Komnas HAM ‘Interogasi’ Lima Kades


Suasana saat Komnas HAM menyelidiki kasus yang dilaporkan dan meminta keterangan lima Kades.

Bima, Bimakini.-  Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI menyelidiki kasus  dugaan pelanggaran  HAM  yang melibatkan aparat Kepolisian Resor (Polres) Bima Kabupaten ketika menangani konflik sosial. Penyelidikan dilakukan di ruang rapat gabungan komisi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima, Selasa (29/08/2017).

Saat itu, ada lima Kepala Desa (Kades) yang dimintai keterangan. Yakni  Kades Laju, Tolouwi, Dadibou, dan  Penapali. Pertemuan  dimediasi oleh Komisi I DPRD Kabupaten Bima.

Ketua rombongan,  Melani, mengatakan, kehadiran tim  di Bima untuk bertemu  sejumlah Kades dalam penyelidikan  terhadap  pengaduan masyarakat soal  dugaan pelanggaran HAM  oleh aparat  Polres Bima Kabupaten. “Itulah tujuan kami datang  pada hari ini,” jelasnya.

Sayangnya, pertemuan itu tidak diizinkan diliput. Awalnya, empat wartawan dibolehkan masuk dalam ruangan rapat gabungan komisi dan  meliput  proses penyelidikan itu.  Namun, situasi berubah ketika  seorang wartawan menanyakan nama lengkap Ketua rombongan Komnas HAM.

Saat  itu  Melani bereaksi. Dia meminta insan pers berada di luar karena  pertanyaan pada para Kades dilakukan secara mendalam dan  tidak boleh diketahui pihak luar. Katanya, apa saja hasil penyelidikan, akan disampaikan dalam  jumpa pers.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Hingga Selasa sore, belum diketahui apa kesimpulan dari penyelidikan  terhadap sejumlah Kades itu. (BK29)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Pertemuan mediasi yang difasilitasi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas  HAM) RI untuk mencari solusi sengketa lahan antara warga Desa Oi Katupa...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas  HAM) RI menilai ada iritasi kultural dalam masalah warga dan investasi PT Sanggar Agro. Ada celah...