Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Pemilihan OSIS SMAN di Madapangga Digelar Serentak

Prosesi Pemilihan pengurus OSIS  SMAN 1 Madapangga, Sabtu (16/09.)

Bima, Bimakini.- Pemilihan pengurus Organisasi Siswa Intra-Sekolah (OSIS) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 dan SAMN 2 Madapangga digelar serentak Sabtu (16/09) di masing sekolah setempat. Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua itu berlangsung demokratis.

Akhmad Akbar dan Dirga Jayusman  terpilih memimpin OSIS  SMAN 1 Madapangga. Mereka meraih 212 dari total 684 suara dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).      Pasanga  Eka Wardatunisa dan Sintia Ningsih   meraih suara terbanyak untuk memimpin OSIS  SMAN 2 Madapangga. Mereka meraih  99 dari total 290 suara DPT. Dua pasangan itu akan memimpin OSIS  masa bakti 2017-2018.

Prosesi pemilihan kali ini bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima, Pemerintah Kecamatan Madapangga,  Polsek  Madapangga, dan UPTD Dikpora Madapangga.

Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Madapangga, Julkifli, SPd, menyampaikan, pemilihan pengurus OSIS tahun ini  menggandeng KPU  untuk sosialisasi  sekaligus tata cara Pemilukada. Hal itu dilakukan, karena siswa merupakan bagian dari pemilih pemula pada  Pemilukada maupun Pilpres. “Mereka sengaja diarahkan untuk persiapan Pemilukada dan Pilpres,” terangnya.

Dia berharap, kandidat terpilih harus mampu menunjukkan yang terbaik saat  mengemban tugas. Apapun alasannya amanah itu harus ditegakkan. Tidak hanya itu, sebagai figur  harus mampu memberikan contoh baik bagi teman-temannya. “Jaga amanah  karena hal itu merupakan tanggung jawab,” pesannya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Di tempat yang berbeda, Wakasek Kesiswaan SMAN 2 Madapangga, Supriadin, SPd, mengaku  animo siswa mengikuti pemilihan relatif tinggi,  itu menunjukan pendidikan demokrasi dapat diterima.  Mulai tahapan awal prosesi pemilihan siswa antusiasi  mengikutinya.

Tahapan  dimulai dari Bimtek KPPS, debat kandidat, orasi visi-misi, hingga pencoblosan di bilik suara. Hal itu bentuk pembelajaran yang harus diingat dan   bisa diaktualisasikan saat Pemilukada dan Pilpres. “Semoga apa yang disampaikan KPU diterapkan pada saatnya nanti,” harapnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Bima, Siti Nursusilawati, SIP, MSIP,   mengapresiaasi tingkat partisipasi  pelajar SMA  di Madapangga dalam menerima pendidikan demokrasi. Berbagai tahapan tentang tata cara demokrasi diterima baik, hingga proses pemilihan pengurus OSIS lancar.

Dia  meyakini mereka akan menjadi pemilih cerdas, bahkan tidak menutup kemungkinan beberapa siswa akan direkomendasikan untuk menjadi penyelenggara pada Pilgub bulan Juni tahun 2018. “Beberapa siswa akan direkomendasikan jadi penyelenggara pada Pilgub nanti di desanya masing-masing,” isyaratnya. (BK36)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum Kota Bima, Sabtu (7/10/2023) melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih untuk siswa siswi SMKPP Kota Bima. Selain Menyampaikan...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Pemilihan Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Bolo digelar secara demokrasi. Bahkan melibatkan KPU Kabupaten...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Pemilihan pengurus Organisasi Siswa Intra-Sekolah (OSIS) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Wawo, Senin, berlangsung lancar dan demokratis. Hasil akhirnya, pasangan nomor urut...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Sebanyak 1.026 siswa SMPN 1 Kota Buima menggelar pemilihan Ketua OSIS, Sabtu (19/8/2017). Proses pemilihannya layaknyaPemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Semua perangkat...