Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Empat Rumah Panggung Ludes Terbakar

Kondisi rumah warga yang terbakar, Jumat (3/8) dini hari di Desa Ngali.

Bima, Bimakini.-  Empat unit rumah panggung milik warga Desa Ngali, Kecamatan Belo Kabupaten Bima ludes terbakar, Jumat (3/8). Diduga kebakaran hebat  itu akibat hubungan arus pendek listrik.

Empat unit rumah panggung berukuran 12 tiang itu diketahui milik, Baitin (42), H Anwar (70), Amirudin (50), dan Juremis (50).

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bima, Bambang Hermawan mengatakan, peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 03.00 wita. “Penyebab kebakaran berasal dari arus pendek listrik di satu rumah warga dan menjalar ke rumah warga lain,” jelas Bambang.

Dia mengatakan, api pertama kali diketahui oleh penghuni rumah titik sumber api. Ketika melihat api mulai membesar, pemilik rumah bersama masyarakat kemudian berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Hanya saja, usaha itu tak berhasil. Karena bangunan yang terbuat dari bahan yang mudah terbakar, api terus membesar dan merembet ke rumah warga lain. Akibatnya, 4 unit rumah panggung berukuran 12 tiang beserta isinya ludes terbakar.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Untuk memadamkan api, dua unit mobil pemadam kebakaran milik BPBD dan Pemda Bima dikerahkan ke lokasi. Sekitar pukul 05.00 wita, petugas Damkar berhasil menjinakan api.

“Empat rumah panggung yang ludes terbakar ini berada di RT 3 Desa Ngali. Untuk sementara para korban kebakaran mengungsi ke rumah keluarga terdekat,” kata Bambang.

Diakui Bambang, tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut. Sementara kerugian material keseluruhan belum bisa disimpulkan. Karena petugas sedang melakukan pendataan.

“Kerugian belum diketahui, akan dilakukan kaji cepat oleh pemerintah Desa dan BPBD Kabupaten Bima,”pungkasnya. (MAN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Satu unit rumah di Desa Lanta, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima terbakar, Minggu malam 7 April 2024 Pukul 21.30 Wita. Kebakaran diduga akibat...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sebanyak 13 unit rumah di Desa Sangia, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima terbakar, Sabtu 6 April 2024 sekitar pukul 10.15 Wita. Kebakaran terjadi...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.-  Satu unit rumah  terbakar di Lingkungan Bara Barat RT 14 RW 05 Kelurahan Paruga, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima, Kamis dini...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Dua unit rumah di Desa Belo Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima terbakar, Rabu sore (1/11/2023). Pemilik rumah merupakan adik kakak, masing-masing Rostina (45)...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah Kota Bima memberikan bantuan bagi korban kebakaran di Dusun Ponggu, Desa Monta Baru, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima. Kebakaran itu menyebabkan...