Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Pemkab Dompu Harus Dorong Konsep Pariwisata Berbasis Masyarakat

Akademisi, Muhdar, MPd

Dompu, Bimakini.- Pemerintah Kabupaten Dompu sudah saatnya mendorong dan menerapkan konsep pariwisata berbasis masyarakat. Hal itu dikatakan  Kandidat Doktor, Muhdar, MPd yang juga pengajar di Dompu.

Menurutnya pengembangan sektor pariwisata berbasis masyarakat sudah banyak diterapkan dibeberapa daerah di Indonesia. Bahkan tambah pemilik Ori Coffee ini, sebagai upaya untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat lokal.

Caranya kata Pengajar di STKIP Yapis Dompu dan SMAN 2 Dompu ini, menjadikan  hal itu sangat penting. Pariwisata sebagai sektor prioritas kedua setelah pertanian. “Tapi dalam perencanaanya harus melibatkan banyak pihak,” katanya.

Seperti pengelola hotel, restoran, pemilik travel dan pers yang konsen pada pariwisata dan juga fotografer.

Muhdar juga berharap adanya penajaman rencana pengembangan pariwisata oleh Bappeda dan Litbang Dompu yang akan mengusung pariwisata berbasis masyarakat . Lanjut Alumni Universitas Negeri Makassar ini, dengan konsep tetap mempertahankan dan melestarikan sumber daya lokal dan sumber daya alam.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Karena katanya, langkah pengentasan kemiskinan tidak cukup dengan mengendalkan sektor pertanian semata. Tapi juga dipadukan dengan sektor lainya, yang menjanjikan seperti pengembangan pariwisata berbasis masyarakat. (JUN)

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait