Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Muttakun: Obyek Wisata Madaparama Sebaiknya Dikelola Pihak Ketiga

Muttakun

Dompu, Bimakini.- Anggota DPRD Kabupaten Dompu, Ir. Muttakun, menekankan agar pengelolaan destinasi kolam pemandian Madaparama, Kecamatan Woja dan potensi alamnya yang ada, sebaiknya segera di pihak ketigakan.

Sebab menurut dia, untuk mewujudkan kembali potensi alam yang sempat jaya dan menjadi primadona di era 80-an itu, jika dikelola pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Dompu, sudah tidak dapat diharapkan lagi.

“Pemerintah maupun pihak ketiga yang menjadi pengelola wisata kolam pemandian Madaparama, harus dan tetap berbasis komunitas,” terang Muttakun pada media ini.

Dikatakannya, konsep pengelolaan berbasis komunitas itu harus melibatkan warga masyarakat yang ada di sekitar Madaparama dengan mengajak Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk menjadi bagian terpenting dari hal tersebut.

Untuk menuju pengelolaan oleh pihak ketiga dengan menggandeng Pokdarwis, menurutnya, pemerintah daerah harus bisa memfasilitasi bahkan mengajak pemerintah desa urun rembug membangun konsep pengelolaan bersama, meski pengelola utamanya adalah pihak ketiga yang ditunjuk oleh pemerintah, yang berasal dari perorangan maupun badan usaha.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dalam pelibatan pemerintah desa dan Pokdarwis, lanjut Muttakun, maka perlu ada pembagian peran dan unit pengelolaan. Sehingga ada pembagian hasil yang jelas yaitu pengelola dari pihak ketiga secara bisnis mendapat untung, dan Pemkab, Pemdes serta Pokdarwis juga kebagian hasil yang akan menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pendapatan Asli Desa (PADes) dan pendapatan pengurus Pokdarwis sebagai upaya menyediakan lapangan kerja bagi pemuda desa.

Dia membayangkan bahwa dalam waktu dua tahun ke depan, destinasi wisata Madaparama menjadi tempat yang memiliki nilai keindahan, kebersihan dan keasrian serta kesejukan.

Obyek wisata itu dapat diisi dengan taman bunga, kolam air yang jernih, tempat-tempat duduk berupa baruga dan sarpras toilet dan tempat ganti pakaian yang bersih, serta ditambah dengan waterboom yang dibuat dan mengular dari atas dan meluncur ke bawah kolam.

“Apakah ini hanya mimpi? Tentu tidak. Semua ini sangat bisa dilakukan jika Bupati AKJ – SYAH mendukung terwujudnya perubahan untuk destinasi wisata Madaparama yang modern, namun tetap berbasis komunitas,” jelasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Untuk mewujudkan hal itu, dia mendorong agar Pemkab Dompu segera membuka peluang, kemudian menawarkan serta menetapkan pihak ketiga yang menjadi pengelola sumber daya alam (SDA) Madaparama.

Selain itu, rumuskan dan susun mekanisme pengelolaan yang melibatkan pemerintah desa dan Pokdarwis agar mereka tidak hanya menjadi penonton dan merasa terasing ketika hadirnya pihak ketiga dalam pengelolaan wisata kolam pemandian Madaparama.

Melakukan indentifikasi kelompok usaha dan UMKM yang akan dilibatkan, termasuk menyediakan ruang dan tempat bagi pelaku UMKM dan Industri kreatif ketika ikut andil dalam mengembangkan wisata kolam pemandian Madaprama.

Dijelaskan, dukungan stakeholder untuk bersama-sama mewujudkan destinasi kolam pemandian Madaparama yang modern, namun dalam pengelolaannya tetap berbasis komunitas sangat diharapkan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Lupakan Disbudpar ketika ingin mewujudkan obyek Wisata Madaparama yang modern, karena tidak mungkin mengharapkan durian runtuh dalam kondisi Disbudpar yang selama ini tidak pernah mendapat dukungan pendanaan untuk mengembangkan kolam pemandian tersebut,” cetusnya.

“Yang layak mengelola kolam pemandian Madaparama adalah pihak yang secara profesional memiliki keterampilan dan keahlian secara bisnis,” tutupnya. AZW

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Polres Bima Kota melakukan tes urine mendadak bagi seluruh personilnya. Tindakan ini dilakukan sebagai bagian dari komitmen Polres Bima Kota untuk...

NTB

Mataram, Bimakini.- Pimpinan PT. Amman Mineral Nusa Tenggara menunjukkan komitmennya mendukung Kontingen PON XXI NTB yang akan berlaga di Aceh – Sumatera Utara, bulan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini : Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPPNL) Bima menggelar acara Anugerah Reksa Bandha tahun 2023. Ada sejumlah kategori yang diberikan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.-  Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPPNL) Bima menggelar acara Anugerah Reksa Bandha tahun 2023. Kegiatan yang berlangsung di aula Satonda...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Pemilihan Wali Kota Bima tahun 2024  mengusung tema “Pilkada Matupa”. Harapannya akan terwujud Pilkada 2024 demokratis dan sesuai dengan prinsip pemilihan....