Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Siswa SMPN 9 Kota Bima Bersemangat Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Penyematan ID Card peserta dan Pin Jurnalis Sekolah oleh Kepala SMPN 9 Kota Bima dan Pengawas.

Kota Bima, Bimakini.- Siswa SMPN 9 Kota Bima bersemangat  mengikuti pelatihan jurnalistik yang diadakan sekolah, Senin 14 Agustus 2023. Apalagi sekolah menghadirkan tiga narasumber, wartawan Tempo, Lomboks Post  dan dari Bimakini.com.

Tidak hanya mendapat materi praktis cara mudah menulis berita, namun masing-masing peserta praktek. Kegiatan ini juga sekaligus terbentuknya Jurnalis Sekolah.

Kepala SMPN 9 Kota Bima, M Nasir, SPd menyampaikan, pelatihan jurnalistik ini sebagai bentuk komitmen sebagai sekolah penggerak dalam mewujudkan digitalisasi. Mewujudkan sekolah berkerakter, pelajar yang  Pancasilais, bahkan bisa menguasai tekhnologi informasi.

“Tapi juga mampu memberikan warna positif terhadap keberadaan digitalisasi sekolah. Kita semua harus peka terhadap peristiwa, kejadian atau aktivitas yang bernilai positif di lingkungan sekolah,” ujarnya.

Kegiatan ini juga. Kata Nasir, diharapkan mampu meningkatkan kemampuan literasi siswa dan menguasai keterampilan menulis. Out putnya, bisa melalui majalan dinding, buletin hingga website sekolah.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Apalagi, kata Nasir, sekolah-sekolah di Kota Bima telah mendapatkan fasilitas  gratis untuk digitalisasi sekolah, berupa website gratis dari Pemkot Bima.

Ini juga, kata dia, salah satu tuntutan implementasi kurikulum merdeka. “Di Kota Bima sendiri, semua sekolah  telah difasilitasi website gratis,” ujarnya.

Selama ini, kata Nasir, yang menulis di website SMPN 9 adalah guru-guru dan kepala sekolah. Setelah pelatihan ini diharapkan siswa ikut mewarnai dengan tulisan-tulisannya.

Sementara itu, Pengawas SMPN 9 Kota Bima, Hj Rohani, SPd mengapresiasi  kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut. Diharapkan siswa dapat mencerna dengan baik, materi yang disampaikan narasumber. “Juga bisa belajar tentang bagaimana kode etik seorang jurnalis. Apalagi siswa akan menjadi jurnalis sekolah,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Pelatihan dengan Tema “Wujudkan Siswa Literat, Kritis, Kreatif dan Gemar Menulis juga diikuti Staf Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kota Bima. Pelatihan yang dibuka pengawas sekolah ditandai dengan penyematan ID Card Peserta dan Penyematan Pin Jurnalis Sekolah.  IAN

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Siswa SMPN 9 Kota Bima, rupanya sangat senang bisa mengunjungi Comment Center, Selasa (15/8/2023). Pusat informasi dan data Pemerintah Kota Bima....

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Program Pemkot Bima dengan Smart Citynya harus mendapat dukungan semua elemen, termasuk sekolah. Apalagi sudah ada dukungan website gratis untuk semua...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Sebagai sekolah penggerak, maka kegiatan literasi dan numerasi di SMPN 9 Kota Bima, terus digenjot. Demikian juga dengan pembinaan karakter siswa...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Setelah menggelar pelatihan Jurnalistik, SMPN 9 Kota Bima akan mengagendakan Program Podcast Sekolah. Diharapkan program ini dapat direalisaiskan dalam waktu dekat....

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Sekolah Menengah Pertama Negeri (SPMN) 9 Kota Bima akan menggelar pelatihan jurnalistik bagi “Agen Wharima” siswa/siswi, Senin 14 Agustus 2023. Selain...