Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

SMPN 7 Kota Bima Kunjungi RPP Lawata

Ketua Divisi SDM, Sosdiklih dan Parmas KPU Kota Bima, Yeti Safriati saat memberikan penjelasan kepada siswa SMPN 7.

Kota Bima, Bimakini.- Rumah Pintar Pemilu (RPP) Lawata KPU Kota Bima, Senin (14/8/2023) dikunjungi oleh siswa/siswi dari SMP Negeri 7 Kota Bima. Kunjungan tersebut dalam rangka untuk mengetahui informasi terkait tahapan penyelenggaraan Pemilihan Umum maupun Pemilihan Kepala Daerah, Proses Pemungutan dan Penghitungan Suara, dan informasi lain terkait Pemilu dan Demokrasi.

Kunjungan siswa/ siswi tersebut diterima oleh Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Bima, Yety Safriati. Pada kunjungan tersebut, siswa/siswi diajak berkeliling RPP Lawata. Mulai dari Ruang Display, Ruang Perpustakaan Mini, Ruang Audio Vidual, dan juga Ruang Simulasi TPS.

Sesuai dengan alur pelayanan pada Rumah Pintah Pemilu Lawata KPU Kota Bima, pengunjung terlebih dahulu mengisi buku tamu. Kemudian, di Ruang Display, Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, Yety Safriati menjelaskan sejarah singkat Rumah Pintar Pemilu Lawata yang dimiliki oleh KPU Kota Bima.

Dijelaskan Yety, Rumah Pintar Pemilu merupakan sebuah konsep pendidikan pemilih yang dilakukan melalui pemanfaatan ruang dari suatu bangunan atau bangunan khusus untuk melakukan sebuah program aktifitas project edukasi masyarakat. RPP juga memiliki fungsi layaknya museum Pemilu, untuk mengenal sejarah dan perkembangan penyelenggaraan Pemilihan Umum secara nasional dari masa ke masa.

Dihadapan siswa/siswi, Yety menegaskan, bahwa banyak informasi yang bisa diperoleh dari RPP Lawata KPU Kota Bima. Mulai dari sejarah Demokrasi dan Pemilu, peserta dan hasil Pemilu dari periode ke periode, dan juga hasil Pemilihan Kepala Daerah dari masa ke masa.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Jika ada tugas dari Bapak/Ibu Guru tentang Demokrasi dan Kepemiluan, silahkan adek-adek berkunjung ke RPP Lawata, di sini banyak buku yang berkaitan dengan Demokrasi dan Kepemiluan dan ini bisa menjadi referensi bagi adek-adek untuk menyelesaikan tugas tersebut. Waktu kunjungan ke RPP Lawata bisa dilakukan dari hari Senin sampai Jum’at, dari pukul 08.00 Wita sampai pukul 15.00 Wita, ” jelas Yety.

Sebelum pengunjung tersebut diarahkan menuju aula KPU Kota Bima, terlebih dahulu siswa/ siswi diarahakan menuju Ruang Simulasi TPS. Di Ruang Simulasi TPS, siswa/ siswi diberikan penjelasan tentang kegiatan Pemungutan dan Penghitungan Suara, serta tugas masing-masing Ketua dan Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Yety juga menjelaskan terkait jenis dan tata cara pengisian formulir-formulir yang dibutuhkan saat proses Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS. Setelah dari ruang simulasi TPS, pengunjuung RPP kemudian menuju Aula Kantor KPU Kota Bima. Kegiatan kunjungan tersebut diakhiri dengan kuis. Dimana setiap siswa/siswi berebut untuk menjawab sejumlah pertanyaan yang diberikan oleh Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Kota Bima.

“Kami berharap, ini bukan kunjungan yang pertama dan terakhir. Tetapi ke depan, masih akan banyak lagi kunjungan lanjutan,” tutup Yety.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sementara itu, perwakilan dari dewan guru SMP Negeri 7 Kota Bima, pada kesempatan itu menyampaikan terimakasih atas sambutan yang diberikan oleh KPU Kota Bima. Ia berharap, kerjasama seperti ini akan terus terjalin. Bahkan ia berharap, KPU Kota Bima bisa ikut memantau dan mendampingi pada saat penyelenggaraan Pemilihan Ketua Osis dan Wakil Ketua Osis Periode 2023 – 2024 yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Terimakasih atas sambutannya, kami berharap nanti kami bisa didampingi pada saat penyelenggaran Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis,” tutupnya. IAN

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Pemilihan Wali Kota Bima tahun 2024  mengusung tema “Pilkada Matupa”. Harapannya akan terwujud Pilkada 2024 demokratis dan sesuai dengan prinsip pemilihan....

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima melalui Surat Keputusan KPU Kota Bima Nomor: 109/PL.02.2.BA/4/2024 menetapkan, jumlah syarat minimal dukungan bakal Pasangan...

Politik

Kota Bima, Bimakini.-  Pembentukan Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB serta Wali...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Tahapan pemungutan hitung pada Pemilihan Umum (Pemilu) telah usai. Angka partisipasi masyarakat pada penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kota Bima  mencapai 89,88...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.-  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima akan melaksanakan Pleno Rekepitulasi Hasil Pemungutan Suara Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024, Kamis 29...