Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

KPU Kota Bima Sosialisasi Pilkada, Sudah Masuk Tahap Puncak

KPU Kota Bima sosialisais tahaoan Pilkada Serentak nasional Tahun 2024 di Hotek Mutmainnah, Kamis.

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima menyosialisasikan Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima. Apalagi tahapan Pilkada sudah masuk tahapan puncak.

Ketua KPU Kota Bima, Suaeb mengatakan, banyak yang tidak menyadari jika tahapan Pilkada sudah dimulai, karena beririsan dengan Pemilu Seretak 2024.

“Mungkin karena saat itu masih fokus pada Pemilu serentak 2024, namun pada dasarnya tahapan sudah mulai berjalan,” ujarnya saat sosialisasi Pemilihan Serentak Nasional di Hotel Mutmainnah, Kamis 2 Mei 2024.

Untuk itu, KPU Kota Bima melakukan sosialisasi kepada stakeholder tentang tahapan Pemilihan Serentak Nasional Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima. Harapannya semua pihak dapat ikut menyukseskan pemilihan ini.

Ketua Divisi Tehnis KPU Kota Bima, Yeti Safrati menjelaskan, tahapan sebenarnya sudah dilakukan sejak Januari,  namun hingga Maret baru pada tahap penyusunan anggaran dan regulasi. Sedangkan Mei sudah dimulai tahapan-tahapan besar, seperti Penerimaan Anggota PPK, PPS, serta penyerahan dukungan calon perseorangan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

KPU juga menerima Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) dari kemendagri. Kini KPU Kota Bima tidak diperkenankan lagi menerima DP4 dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Pada pemilihan tahun 2019, masih diperkenankan menerima data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, kini hanya satu pintu.

Untuk Calon Perseorangan, kata Yeti, harus menyerahkan syarat dukungan. Mereka yang memberi dukungan harus terdaftar sebagai pemilih di Kota Bima dan memiliki identitas yang disyaratkan.

Sosialisasi sendiri diikuti partai politik peserta Pemilu 2024, Badan Kesbangpol Kota Bima dan stakeholder lainnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Sejumlah figur mulai mengambil formulir dan mendaftarkan diri Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kota Bima, untuk Calon Wali Kota dan...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Kota Bima membuka pendaftaran penjaringan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima telah mengumumkan jadwal penyerahan syarat minimal dan persebaran dukungan untuk Bakal Pasangan Calon Perseorangan Pemilihan...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Pernyataan Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari bahwa Calon Anggota Legislatif yang terpilih pada Pemilu 2024, tidak harus mundur, akan mengubah dinamika...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Calon Anggota Legislatif yang terpilih pada Pemilu 2024, tidak harus mundur. Pengunduran diri hanya untuk mereka yang saat ini menjadi anggota...