Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Warga Samili Tagih Janji Air Bersih

Aksi warga Samili saat menuntut air bersih.

Bima, Bimakini.-  Warga Desa Samili Kecamatan Woha Kabupaten Bima menagih janji Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima dalam penyediaan air bersih. Senin lalu, aksi demo dilakukan  aliansi mahasiswa dan warga menyusul krisis air bersih di wilayah itu. Rupanya, hingga kini belum terealisasi.

 

Warga Desa Samili, Abdul Muis, saat ditemui di Woha menyatakan saat aksi itu Wakil Bupati Bima, H Dahlan,  menemui pendemo dan  atas nama pemerintah menjanjikan pada mahasiswa dan masyarakat itu soal air bersih.
Pemda memberikan keyakinan pada masyarakat bahwa keesokan harinya  akan dialirkan air,  pendemo pun  langsung membuka jalan yang sempat ditutup.

Kata dia, karena Selasa siang air belum dialirkan, masyarakat menuding Pemda telah membohongi dan ini menghilangkan kepercayaan masyarakat pada pemerintah. “Jangankan Pemda yang datang mengalirkan air, pekerja saja tidak ada sampai saat ini,” ungkapnya.

Sekdes Samili, Muhammad Ahwan Khusairi, yang dihubungi membenarkan Wabup Bima datang menemui pendemo saat itu, bahkan pendemo dan masyarakat berdialog.
“Iya jalan sempat ditutup akhirnya dibuka bersama  karena tuntutan pendemo dipenuhi Wakil Bupati,” jelasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Soal tuntutan pendemo dipenuhi Wakil Bupati, Pemda berjanji akan mengupayakan secara maksimal. “Bukan memastikan besok pagi harus jalan air itu, sebagai perwakilan Pemerintah Desa, saya mendampingi pihak pekerja dan PLN mengeceknya.

“Mesin pembangkit air itu belum bisa dijalankan karena ada kendala teknis seperti listrik. Sebab gardu depan Kantor Desa tidak mampu mengoperasikan, kalau pun bisa maka bisa saja mengorbankan masyarakat soal pemadaman listrik,” jelasnya.

Namun, dia mengupayakan terus membangun komunikasi dengan pemerintah terkait bagaimana solusinya supaya pembangkit air itu dapat dimanfaatkan masyarakat. (BK34)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Penjabat Wali Kota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, MT meninjau Sumur Dalam Terlindungi sebagai wujud upaya nyata Pemerintah Kota Bima dalam...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Sebagai  upaya memberikan dukungan kepada masyarakat yang terdampak kekurangan pasokan air bersih, Kasat Binmas Polres Bima Kota, IPTU Suratno, bersama dengan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kepolisian Resort Bima Polda NTB terus membagikan air bersih bagi masyarakat di wilayah yang terjadi kekeringan parah, di wilayah Kabupaten Bima. Seperti...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- BPBD Kabupaten Bima mendistribusi air bersih untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga di beberapa lokasi terdampak. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bima melalui...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Personel Satuan Samapta Polres Bima Polda NTB, menyalurkan air bersih bagi masyarakat di Desa Wadu Wani, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima Jum,at (09/09/22)...