Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

IKATEK UNHAS-HIMPUNI Aksi Solidaritas untuk Korban Gempa di Lombok

Hadi Santoso, ST, MM

Bima, Bimakini.- Bencana gempa berkekuatan 7.0 SR di Lombok, Ahad (5/08) malam dan menimbulkan korban jiwa hingga 82 orang, membuat Ikatan Alumni Teknik Universitas Hasanuddin (IKATEK UNHAS), IKA UNHAS dan Himpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri (HIMPUNI) melakukan aksi solidaritas. Mereka melakukan penggalangan dana melalui group WhatsApp, hingga pukul 12.00 Wita, terkumpul Rp11 juta.

Salah seorang unsur Pimpinan DPP IKATEK UNHAS, IKA UNHAS, dan HIMPUNI di WA Group, Ir. Sapri Pamulu, Ph.D, mengajak menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Lombok.

“Mari salurkan bantuan gempa lombok pada rekening atas nama IKATEK UNHAS Bali Nusa Tenggara, Nomor rekening Bank Mandiri : 1610003830945,” tulis dalam pesan WA.

Sementara itu, Ketua DPW IKATEK UNHAS BALI-NUSRA, Hadi Santoso,  ST, MM,  menindaklanjuti semangat solidaritas Pengurus Pusat tersebut dengan mengkoordinasi  dengan pengurus Wilayah. Hal itu sudah biasa dilakukan oleh IKA TEKNIK UNHAS selama ini.

“Pada bencana banjir bandang Kota Bima tahun 2016 silam, DPP IKA Teknik UNHAS menyurkan bantuan lebih dari Rp 200 juta. Kami distribusi Langsung ke rumah-rumah warga. Begitu juga saat terjadi berbagai di tempat lain. Seperti di Aceh, dll,” ujar Hadi.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Meskipun penggalangan dana hanya menggunakan Group WA. Namun cukup efektif. Buktinya, total bantuan yang terkumpul selama ini cukup besar. Hal itu menurut Hadi,  dikarenanakan “Doktrin” kebersamaan dan solidaritas yang ditanamakan selama di kampus begitu kuat.

“Kami dan hampir semua kampus mendidik mahasiswanya untuk selalu saling menjaga, mencintai, dan peduli pada sesama. Tanpa memandang Ras,  Suku dan Agama. Sehingga,  ketika ada yang kesusahan, spontanitas akan ada gerakan solidaritas,” imbuh Hadi.

Rencananya, distribusi bantuan, akan segera dilakukan dalam waktu dekat berkolaboarsi dengan IKA Unram. Pihaknya tetap membuka diri terhadap berbagai pihak yang ingin turut berkolaborasi.

“Biasanya,  di akhir penggalangan dana dan distribusi bantuan,  kami berkolaborasi dengan pihak lain. Termasuk BPBD Prov NTB, TNI/POLRI, dll. Kami ini kan hanya penyelenggara teknis saja. Partisipannya bisa dari manapun,” tutup Hadi. (IAN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. H. Zulkieflimansyah, didampingi Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ir. H. Ridwansyah, M. SC. dan Kalak BPBD NTB,...

NTB

Mataram, Bimakini.- Hari kedua kunjungan kerja di Provinsi NTB, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, memberikan bantuan Hunian Tetap...

NTB

Mataram, Bimakini.- Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr Ir Hj Sitti Rohmi Djalilah, MPd, menghadiri acara penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas...

NTB

Mataram, Bimakini.- Tagana Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) telah berada di Lombok sejak Jum’at (14/9/2018) lalu. Keberadaan Tagana PB PMII di...

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB menggelar penggalangan dana di Jakarta. Penggalangan dana tersebut bertajuk “Malam Dana untuk Lombok Sumbawa dan Peluncuran Buku TGBNomic”, di Ballroom...