Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Trand PAD Kabupaten Bima Naik

  Bima, Bimeks.- Bimakini.com.-Trand Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari tahun ke tahun terus meningkat. Nilainya juga cukup signifikan. Untuk tahun 2013 mencapai 98 persen untuk seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Bima, Drs H Riadwan mengatakan sejak 200 ketika memangku jabatan target PAD hanya Rp20 miliar. Namun terus naik ke tahun berikutnya, bahkan pada 2013 Rp78 miliar dengan realisasi sekitar Rp50 miliar.

“Pada tahun 2014 target PAD meningkat menjadi 106 miliar rupiah,” ujarnya di Kantor Dispenda Kabupaten Bima, Senin (20/1).

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Untuk Tahun 2013, kata dia, masih ada pendapatan yang belum masuk sepenuhnya. Seperti halnya di Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) untuk galian C-nya. “Meski sudah ada realisasi 100 persen anggarannya, bukan berarti langsung 100 persen juga pembayaran PADnya di Distamben. Kamungkinan masih ada yang belum selesai,” terangnya.

Tingginya target PAD 2014, kata dia, karena untuk pajak bumi dan bangunan (PBB) tidak lagi ke pusat, namun menjadi pendapatan daerah. Jika ini dapat dimaksimalkan, maka pemasukan ke daerah mencapai miliaran.

Demikian juga, kata Ridwan, untuk potensi-potensi PAD lainnya yang belum digali dan dimaksimalkan. Potensi yang sudah ada pun masuh bisa dipertahankan didikembangkan. “Kita tinggal menyiapkan perangkat hukumnya, demikian juga dengan sumber daya manusia dan sarananya,” ujarnya. (BE.16)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait