Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Sulaiman: Kasek Wajib Penuhi Syarat Lulus Tes Cakep!

Sulaiman ST, SH

Sulaiman ST, SH

Bima, Bimakini.- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima, Sulaiman MT, SH, bereaksi soal pejabat fungsional yang dilantik Kamis lalu, namun tidak mengikuti atau lulus tes Calon Kepala Sekolah (Cakep). Katanya, satu di antara syarat menjadi calon Kasek adalah wajib lulus tes. Tentu saja disayangkan mengangkat sosok belum pernah mengikutinya.

Hal itu direaksinya setelah  dikonfirmasi soal Kepala SMAN 1 Monta, Nurul Mubin, sebelumnya Guru SMAN 2 Monta, yang diidentifikasi belum mengikuti tes Cakep.

Dia mengatakan, sudah jelas sesuai  Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala, satu di antaranya calon harus memiliki sertifikat Kasek,  pernah mengikuti tes Cakep dan lulus. “Ikuti tes saja tidak cukup kalau tidak lulus,” katanya di Setwan.

Selain itu, kataya, juga pernah menjadi Kasek, ini sudah menjadi standar nasional dan tidak boleh dilanggar. Kalaupun ada guru diberikan tugas tambahan sebagai Kasek itu harus memenuhi syarat seperti dalam peraturan. Kalau tidak memenuhi syarat, sama saja penempatan Kasek dimaksud sudah melanggar aturan yang berlaku.

Untuk itulah, diingatkannya, sebelum mengangkat guru menjadi Kasek harus dianalisis dari berbagai aspek. Termasuk syarat-syaratnya, apa sudah memenuhi atau tidak. Mengenai kualitas sumberdaya manusia juga ditelaah, tidak  serampangan begitu saja ditempatkan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Untuk itulah semua pihak harus memahami agar kemudian tidak muncul masalah dan protes dari berbagai pihak,” ujar duta Partai Gerindra ini kepada Bimakini Selasa (04/10/2016).

Sulaiman meminta pihak-pihak terkait menelaah  ulang soal  penempatan Kasek, sehingga tidak menimbulkan masalah baru  kemudian hari.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bima, H Abdul Wahab, dimintai konfirmasi Selasa soal Kasek dalam kaitannya dengan tes Cakep, enggan mengomentarinya.

Dia menyarankan mengenai mutasi langsung saja menanyakannya ke Sekretaris Daerah yang sudah menginstruksikan pemberian informasi satu pintu soal mutasi. (BK32)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Diduga tidak direstui keinginannya yang mau pindah tugas dari Kecamatan Tambora, Jainuddin, S.Pd, Kepala SDN Oi Marai, nyaris bakar diri Senin (10/4/2017)...

Politik

Bima, Bimakini.- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima, Senin (10/4/2017) siang iini, akan menggerser sejumlah pejabat fungsional yang ada di lingkup Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bima, mengisyaratkan rotasi dan mutasi pejabat fungsional dan struktural pada lingkup Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda Dan Olah...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Stok Calon Kepala Sekolah (Cakep) di Kecamatan Madapangga masih tersisa lima orang. Mereka  belum diangkat menjadi Kasek. Namun, yang dilantik oleh Bupati...

Pendidikan

Bima, Bimakini. – Sejumlah pemuda Desa Talabiu, Kecamatan Woha, Kamis (6/4/2017) menyegel SDN Talabiu. Sejumlah ruang kelas disegel dengan menggunakan kayu. Mereka memakunya, agar...