Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Sosok Polisi Berhati ‘Emas’ Ini Bertugas di Pelosok Bima

Bripka Rivaldi saat selalu terlibat dalam kegiatan masyarakat.

Bima, Bimakini.-  Tugas polisi, tidak hanya sebatas menjalankan tugas, seperti mengatur lalu lintas, menilang, menangkap pelaku kejahatan. Atau menjadi sosok yang “menakutkan” bagi sebagian orang.

Di Mapolsek Donggo Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima, terdapat sosok polisi yang berbeda pada umumnya. Namanya Bripda M Rivaldi Pradana.

Polisi muda yang akrab disapa Dana tersebut, dipercaya menjadi Bhabinkamtibmas di Desa Mpili Kecamatan Donggo. Saban harinya, kala bertugas di daerah binaannya yang berada di wilayah puncak yang memiliki ketinggian sekitar 500 meter diatas permukaan laut tersebut, ia kerap menunjukkan sifat ‘emas’-nya tersebut.

Mulai dari rutin mengajarkan ngaji ke anak-anak usia balita hingga remaja di desa setempat, ikut membantu dalam aktivitas warga kampung mulai bercocok tanam, memikul pupuk hingga ikut membantu proses pemakaman kala warga menghadap kembali ke Sang Khalik. Polisi kelahiran tanggal 24 November 1995 ini bahkan tak segan-segan ikut menggali makam untuk warga sekitar.

Dan yang paling mencuri perhatian warga serta nitizen terlebih rekan-rekan sesama polisinya baru-baru ini, ia rela menghentikan laju kendaraannya dijalur tanjakan nun terjal saat ada kendaraan mogok disekitarnya. Polisi yang kini berusia 22 tahun tersebut itupun rela mendorong sepeda motor yang mogok tepat dijalur tanjakan tersebut hingga sampai kejalanan datar.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

‘’Toh enggak ada ruginya juga kalau kita mau dan berniat berbuat baik. InsyaAllah tetap akan mendapat ganjaran setimpal dari Sang Pencipta. Jadi mari mulai berbuat baik untuk sesama,’’ seru polisi yang sesekali ikut mengajarkan baris-berbaris di sekolahan desa binaannya tersebut.

Menolong warga yang motornya macet.

Aksi baik polisi asal Lingsar, Lombok Barat inipun bahkan sempat menjadi pemberitaan heboh media televisi nasional ternama serta beberapa media cetak lainnya. Tak heran selama beberapa pekan lamanya ia menjadi viral disejumlah media sosial, mulai dari Facebook, Instagram dan Twitter.

‘’Amal baik adalah tabungan kita kelak saat menghadap Sang Khalik,’’ demikian tegas polisi muda yang kini juga tengah duduk dibangku kuliah di salah satu sekolah tinggi di Bima Nusa Tenggara Barat tersebut.

Polisi berhati ‘emas’ lainnya yang juga bertugas dipelosok Bima adalah Brigadir Irwan. Anggota Polres Bima Kabupaten yang dipercaya menjadi Bhabinkamtibmas di Desa Boro, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima, daerah yang hingga kini masih terisolir. Polisi Irwan juga tak segan-segan membaur membantu warga dalam proses pemakaman warga setempat. Bahkan ia langsung ikut menggali kuburan warga binaannya tersebut. ‘’Kita semua sama di mata Tuhan, saling peduli antar sesama karena kelak kita akan bertemu dengan Sang Pencipta juga,’’ tukas Irwan. (CBK02)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Rabu (03/04/24) malam Satreskoba Polres Bima kembali meringkus dua pemuda terduga pengedar barang haram Jenis Sabu-sabu. Keduanya berinisial FSL (23) dan ABD...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Satuan Reserse Narkoba Polres Bima kembali mengungkap dan meringkus terduga pengedar Narkoba Jenis Sabu-sabu pada Rabu 20/03/04 dini hari Kapolres Bima AKBP Eko...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Satuan Reskrim Polres Bima Polda NTB kembali berhasil mengungkap Tindak Pidana Illegal Logging, pada Rabu (06/03/24) siang lalu. Polisi pun langsung menetapkankan dua...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Polres Bima memasang kawat barrier di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (28/02/24) sekira pukul  16.00 wita. Hal ini sesuai dengan...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Bertambah lagi warga Parado yang diduga terlibat dalam kasus pembakaran logistik Pemiku diamankan polisi. Kali ini seorang warga Desa Parado Rato inisial...