Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Korban Puting Beliung Campa tanpa Bantuan Material, Kades Kecewa

Kades Campa, H Mansyur H Ismail

Bima, Bimakini.- Angin puting beliung menerjang  wilayah Desa  Campa Kecamatan Madapangga,  Jumat (3/3/2017) lalu. Sebanyak 30 rumah warga diterjang.  Dari jumlah itu,  5 rumah rusak parah, 25 rumah lainnya rusak ringan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.
Namun, seiring waktu berlalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima  belum memberikan bantuan material terhadap para korban. Karena lama menunggu, akhirnya para korban menggunakan dana pribadi.

Kepala Desa (Kades) Campa, H Mansyur H Ismail, menyesalkan kenyataan itu.  Selaku pemerintah mestinya bertanggung jawab terhadap musibah itu, bukan membiarkan masyarakat membenahi sendiri rumahnya. “Ini musibah, mestinya pemerintah turun tangan,” katanya Rabu (8/3) di Madapangga.
Diakuinya, pascamusibah terjadi, Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri telah meninjau dan sekaligus tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Saat itu  menyerahkan bantuan tanggap darurat seperti mi instan, selimut, makanan siap saji, air mineral, dan bantuan tanggap darurat lainnya.
Selain menyerahkan bantuan,  Bupati berjanji di depan masyarakat dan  Pemerintah Desa setempat akan memberikan bantuan lanjutan. “Akan tetapi bantuan yang diharapkan tersebut tidak kunjung ada,” bebernya.
Diakuinya, karena bantuan yang diharapkan tidak ada, mendatangi Dinas Sosial Selasa (7/3) lalu untuk memertanyakan bantuan tersebut. Akan tetapi, kehadirannya tidak membuahkan hasil, karena Kepala Dinas Sosial tidak berada di tenpat.
Dari semua rumah yang rusak akibat terjangan angin puting beliung tersebut, semuanya telah diperbaiki secara pribadi oleh warga. “Warga tidak mau menunggu bantuan dari pemerintah,”  katanya. (BK36)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait